PERAN BAHASA



PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Nur Rosidin

ABSTRAK
Bahasa adalah budaya, bahasa Indonesia adalah budaya bangsa Indonesia. Bahasa memegang peran penting dalam sendi kehidupan bermasyarakat. Selama ini yang menjadi objek tanggapan masyarakat bahwa bahasa itu merupakan ciri-ciri dari budaya masyarakat atau personal yang ada pada diri manusia. Sulit dibayangkan jika suatu budaya disalah satu masyarakat menjadi hal yang sulit diterima masyarakat. Hal ini disebabkan karena faktor bahasa yang kurang tepat, khususnya bahasa Indonesia yang kurang begitu dikenal oleh masyarakat pelosok bangsa Indonesia. Yang menjadi sasaran adalah generasi penerus khususnya pada anak didik kita. Kalau tidak ditanamkan sejak awal mengenai pentingnya bahasa maka akan berpengaruh besar pada budaya mereka dan pendidikannya kedepan.
Pendidikan sebagai tumpuhan pembentukan karakter atau mental anak, maka harus diatur sesuai dengan kebutuhan kejiwaannya. Menanamkan nilai-nilai positif dalam suatu pendidikan harus diterapkan, melalui pendidikan karakter yang didalamnya terdapat nilai-nilai penting seperti; budi pekerti, pengetahuan, tindakan, dan semua itu dapat dilakukan dengan tingkat kesadaran yang tinggi. Anak usia dini adalah hal yang strategis untuk ditanamkan pendidikan karakter yang akan berdampak besar pada kepribadian anak kedepannya dan memiliki mental dan sikap yang berkualitas untuk menghadapi tantangan hidup yang semakin kuat.
Kata kunci: bahasa, pendidikan, karakter.

Bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang arbiter yang dipergunakan sebagai alat komunikasi yang mengandung makna.  Makna berkaitan dengan arti yang melekat pada suatu kata.  Sebagai kumpulan lambang, tanda, dan simbol yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja yang disepakati oleh komunitas masyarakat mempunyai arti atau makna.  Air merupakan benda cair yang berwarna putih dengan ciri-ciri kimia tertentu..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.