KASIH (KARTU SIRNOBOYO SEHAT)

Nongkrong memang asyik dengan Kades Arifin.  Penampilannnya bersahaja namun banyak program inovasi desa terbaru yang mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah Kabupaten Pacitan, bahkan kementrian desa PDTT.  Kesederhanaan dengan senyumnya yang khas bagai seekor elang mata hatinya uang membuat terobosan bagi Desa Sirnoboyo.  Kepala desa sudah 2 periode ini diharapkan oleh tokoh masyarakat untuk melanjutkan kariernya agar lebih bermanfaat bukan hanya untuk desa Sirnoboyo setidaknya dalam masyarakat Kabupaten Pacitan. 

Nongkrong dalam arti positif diskusi yang berkaitan dengan kondisi sosial kemasyarakat khususnya di Desa Sirnoboyo. Kali ini Arifin mengatakan desa sebagai motor penggerak pembangunan diharapkan munculnya inovasi desa.  Pergantian kebijaksanaan membuat desa sedikit bingung dan harus menyesuaikan dengan peraturan baru.  Sumber daya manusia dan sering menjadi kendala dalam pengembangan desa. 

Namun demikian tidak menghalangi bagi kepala desa yang kreatif dan Inovatif.  Sebagai contohnya, inovasi yang dilakukan oleh desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan dengan inovasi kawasan wisata Sentono Gentong.  Kawasan yang dulunya bukit gersang dan terkenal angker disulap menjai destinasi wisata baru di Pacitan.  Keberanian Desa Dadapan dengan latar elakang seniman menghantarkan desa Dadapan memperoleh tambahan pendapatan asli desa yang cukup besar bagi desa di Kabupaten Pacitan.  Karcis masuk 10.000,- Sentono Gentong menjadi andalan destinasi wisata baru di Pacitan.  Pendapatan untuk liburan hari rata per hari rata-rata 30 juta. 

Selain desa Dadapan juga  desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan punya program KASIH (KARTU SIRNOBOYO SEHAT)  dengan jumlah pemegang kartu berjumlah 145 kk. Untuk penggunaan kartu tersebut setiap anggota keluarga berhak untuk mendapatkan perawatan di Puskesmas dengan memberikan kartu tersebut pada petugas di Puskesmas Mentoro.  Puskesmas Mentoro yang telah bekerjasama dengan Pemerintah desa Sirnoboyo.  Jika anggota keluarga lebih dari 3 orang semua anggota keluarga boleh untuk memanfaatkannya. Namun tidak boleh diperjualbelikan kartu KASIH tersebut kepada pihak lain. Masa berlaku kartu 1 tahun, bisa diperpanjang untuk masa berikutnya. Kades Sirnoboyo Bapak Arifin, SE, mengharapkan dengan kartu KASIH, masyarakat desa Sirnoboyo dapat mendapatkan  layanan kesehatan gratis yang berkerjasama dengan Puskesmas Mentoro Kecamatan Pacitan.  Kades Arifin merupakan kades potensial dengan berbagai program inovasi desa.  Kades Arifin untuk tahun 2017 tahun lalu program inovasi mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Bapak Eko Putro Sandjojo. Program Festifal sungai 2017 mendapatkan apresiasi dari Kementrian Desa PDTT sebagai program inovasi desa tahun 2017.  Menteri yang lahir tanggal 21 Mei 1965 dengan moto "pemimpin itu harus bisa mempersiapkan penerusnya" akan melaunching program Inovasi Desa Sirnoboyo berupa kartu KASIH (Karti Sirnoboyo Sehat) yang bertempat di Kios Desa Sirnoboyo Selasa jam 11.00 WIB.  

Agoes Hendriyanto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.