TIPS AMAN MUDIK MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR

TIPS AMAN MUDIK PAKAI SEPEDA MOTOR

Mudik pakai sepeda motor sekarang ini sedang menjadi trend.  Efisiensi dan ekonomis dibandingkan dengan roda transportasi mudik yang lainnya.  Selain itu juga saat lebaran di kampung halaman memerlukan kendaraan untuk transportasi salah satunya sepeda motor.  Jika dibandingkan dengan mobil yang memerlukan jalan yang agak lebar oleh sebab itu jalan kampung yang umumnya lebar 2,5 meter jika menggunakan mobil akan terasa tidak efisien sebagai sarana tranportasi pada saat hari raya.  Juni 2018 diperkirakan tidak turun hujan maka pengguna sepeda motor semakin bertambah. 
Masyarakat urban yang saat hari raya melakukan kegiatan yang disebut dengan mudik.  Mudik sudah menjadi tradisi saat hari raya baik di Indonesia, India. Pakistan. Mesir dan Negara Islam lainnya.  Indonesia dengan jumlah penduduk yang cukup besar mudik lebaran menjadi perhatian baikpemerintah, swasta, maupun individu.  Pemerintah sudah sejak satu tahun yang lalu mempersiapkan insfrastruktur jalan baik jalan tol, jembatan, jembatan, rel kereta api, pelabuhan, bandara.  Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat mudik lebaran.  Jalan yang lancar menjadi impian baik pemerintah maupun masyarakat. Banyak cara menuju kampung halaman, salah satunya dengan menggunakan sepeda motor. Memang bukan cara yang paling ideal, sebab sepeda motor tak disarankan untuk perjalanan jarak jauh, apalagi jika membawa serta keluarga. Pemerintah pun telah mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, terlalu banyak resikonya. Meski begitu, tetap ada saja yang mudik dengan kendaraan roda dua ini
 Tidur minimal 8 jam
Lawan terberat bagi pengendara sepeda motor jarak jauh adalah diri sendiri, yakni fisik yang tidak prima. Karena itu jangan memaksakan diri jika kondisi kesehatan sedang tidak fit. 

 Pastikan kondisi kendaraan
Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk mengecek sepeda motor anda. Pastikan semua bekerja dengan normal, seperti rantai, rem, kelistrikan, lampu-lampu, hingga busi. Busi sebaiknya ganyi dengan yang baru dengan membeli di tempat onderdil kepercayaan saudara.  Ingat banyak busi palsu dengan kemasan yang sama dengan busi asli.  Ganti ole mesin saudara dengan merk terkenal.  Hal ini disebabkan oli berfungsi sebagai pelumas dan stabilisator mesin kendaraan, Sehingga mesin sepeda motor saudara suhunya akan terjaga yang akan berpengaruh pada kompresi sepeda motor dan kestabilan saat digas khususnya di jalan saat mudik.  Rem kendaraan pastikan masih baik dan oli rem masih ada.  Cek juga kondisi master rem apakah tidak bocor.  Untuk rem yang masih menggunakan tromol cek kembali atau bongkar remnya kemudian bersihkan dengan air sabun sehingga saat digunakan akan lancar dan pakem.  Sering pir rem akan putus di jalan saat dikendarai.
Cek juga bearing roda apakah masih layak atau sudah aus. Jika rumah bearing atau laker sudah lobek pastikan di bengkel agar isa diganti atau diservise agar tidak lobek.  Jika ini dibiarkan dikwatirkan di jalan akan terjadi maslah khususnya bagi yang berboncengan atau bahan bawaan yang banyak dengan jarak yang cukup jauh.  Cek gir dan rantai motor untuk motor non matic.  Jika matik hati-hati belt apa masih layak digunakan atau tidak.  Jika sudah lama sebaiknya diganti dengan yang baru dengan merek yang terkenal asli.  Ada baiknya jika sepeda motor diservice terlebih dahulu sebelum dibawa mudik. Servis pada bengkel langgangan disebabkan banyak onderdil yang tidak sesuai dengan harganya.  pastikan jika harga onderdil mahal harus sesuai dengan kondisi barangnya.  Untuk ban sebaiknya diganti disebabkan ban luar yang sudah aus sebaiknnya dengan ban orisinil bukan vulkanisir.  Selain itu ban dalam juga harus diperhatikan jangan sampai sudah banyak tambalannya.  Jika dipaksakan saudara dalam perjalanan siang hari cuaca panas hasil tambalan ban saudara akan terkelupas yang menyebabkan ban saudara bocor kembali.  Hindari jalan yang berlubang jika roda saudara menggunakan pelg bintang bukan ruji. Selain itu jangan lupa surat-surat kendaraan anda. Dan, jangan coba-coba mudik tanpa membawa Surat Izin Mengemudi.
Selain itu, kelengkapan berkendara juga wajib dipakai, seperti helm dan sarung tangan. Pastikan juga jas hujan tidak tertinggal. Satu lagi, selalu gunakan sepatu saat mengendarai sepeda motor.
Menepi setiap dua jam
Memacu sepeda motor tidak hanya menguras energi, tapi konsentrasi pun perlahan akan berkurang. Karena itu, untuk mencegah kelelahan sekaligus menjaga konsentrasi, menepilah setiap dua jam sekali.

Tentukan rute
Satu hal lain yang tak kalah penting dipersiapkan adalah rute alias jalur yang akan anda tempuh. Setiap rute, tentu saja, ada resikonya. Sesuaikan rute dengan kondisi sepeda motor anda.

Berangkat subuh
Waktu terbaik untuk berangkat adalah subuh. Sebab saat itu kondisi tubuh sedang dalam keadaan bugar dengan catatan anda tidur 8 jam sebelumnya.

Tinggalkan yang tidak perlu
Mudik menggunakan sepeda motor memang relatif lebih murah, tapi anda tidak bisa membawa banyak barang. Sebab, kelebihan muatan justru akan membahayakan diri anda sendiri.

Jangan tergesa-gesa
Keluarga memang menanti di kampung halaman, tapi mereka tentu ingin melihat anda datang dengan selamat. Karena itu, jangan tergesa-gesa di jalan.

Persiapan balik
Setelah sampai kampung halaman, jangan lupa untuk mengecek kembali kondisi sepeda motor anda
 Team Rafid Motor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.