MERANGKAI KATA DALAM ERA TEKNOLOGI VIRTUAL



 MERANGKAI KATA MENGIKAT MAKNA DALAM ERA TEKNOLOGI VIRTUAL
Agoes Hendriyanto


Teknologi virtual merupakan teknologi baru yang tidak dapat berdiri sendiri-sendiri dan perlu didukung oleh pengembangan dari; perangkat lunak, perangkat keras, memori, data, pemasaran, dan jaringan.  Pengambangan tersebut saat ini sangat pesat baik perangkat keras, perangkat lunak, memori, data, jaringan saling berlomba-lomba untuk mencari konsumen dari produk yang dihasilkannya.  Semakin hari teknologi virtual tersebut akan semakin canggih maka harus kita sikapi dengan jalan mempersiapkan sumber daya yang mumpuni baik dalam bidang ilmu pengatahuan dan teknologi.  Keduanya tidak bisa kita pisahkan.
Jika saudara ingin menulis maka setidaknya pengetahuan, pengalaman, dan penguasaan teknologi virtual harus saudara kuasai untuk menjadi penulis yang handal. Khususnya di Indonesia jaringan teknologi sangat berkaitan sekali dengan operator-operator seluler akan semakin bersaing untuk menjual produknya berupa paket murah untuk media internet. KBBI (2005) internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Komunikasi elektronik berkembang dengan pesat seperti semakin meningkatnya pengguna aplikasi seperti  facebook, google, twiter, whatshaap, bbm, dan lain sebagainya. 
Permasalahan yang memerlukan sebuah penanganan khusus setelah maraknya penggunaan layanan google seperti; Gmail, Youtube, Blogger, Chrome, Adsense, dan Google Play pada android di Indonesia yang tidak pernah memberikan laporan pajaknya kepada Indonesia.  Usaha yang ilegal yang dilakukan google di Indonesia dengan memasuki suatu wilayah teritorial sebuah negara tanpa membayar pajak kepada negara yang bersangkutan.  Perang strategi antara pemilik aplikasi tersebut dengan negara yang memanfaatkan produk aplikasi tersebut sangat dirasakan pada tahun akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017.  Pemerintah Indonesia telah menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan kepada Pemerintah Indonesia dengan jumlah yang fantastik sekitar 5 trilyun.  Upaya negosiasi telah dilakukan namun pihak tertanggung hanya akan membayar pajak yang sangat kecil.  Peningkatan sumberdaya manusia Indonesia baik dalam berbagai bidang dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi informasi dalam rangka mencegah kejahatan yang diakibatkan oleh penggunaan internet.
Pemblokiran situs tersebut harus dipertimbangkan secara matang disebabkan pengguna di Indonesia sangat banyak dan efeknya juga sangat besar. Perlu adanya kajian yang mendalam sebelum langkah blokir terhadap google dilaksanakan.  Sosialisasi kepada masyarakat disebabkan penggunaaan layanan  google telah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia, untuk berbagai kegiatan.  Jangan sampai dengan pemblokiran tersebut membawa efek negatif yang lebih besar.
 Dunia yang semakin terbuka menyebabkan persaingan yang luar biasa dalam memperebutkan sumber daya alam, pangsa pasar, wilayah yang strategis, kekuasaan yang banyak sekali menimbulkan gesekan bahkan sampai terjadinya perang yang berkepanjangan. Dampak positif dan negatif dengan adanya teknologi virtual seharusnya menjadi pertimbangan  bangsa Indonesia untuk mempersiapkan generasi emas yang bisa berpikir positif untuk meningkatkan daya saing kita menuju Indonesia Jaya.  
Oleh karena itu tulisan secara online melalui perantara satelit sangat banyak di abad digital sekarang ini.  Kemudahan ini banyak sekali kelemahannya yaitu banyaknya plagiasi tulisan yang semakin hari semakin banyak. Plagiasi ini menjadi sebuah fenomena baik kalangan profesional maupun pemula. Oleh karena itu kemudahan tersebut di atas harus menjadi sebuah harapaan kita khususnya dalam bidang menulis baik fiksi dan non-fiksi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.