DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”


Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Jum' at (29/11/ 2019). Pacitan memunyai primadona wisata alam baik pantai, goa, maupun budaya. Wisata pantai merupakan salah satu jenis wisata yang bisa dikatakan sangat menarik dan selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan. 

Keberadaan wisata pantai selalu menjadi salah satu tujuan wisata utama. Apalagi dengan kondisi Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan terbesar, maka tidak mengherankan jika kita bisa menemukan banyak sekali lokasi wisata pantai di berbagai wilayah di Indonesia. Pacitan dengan pantai yang memanjang dari Kecamatan Donorojo melewati 8 kecamatan di Pacitan.  Garis Pantai yang memamanjang menjadikan Pacitan dengan pesona Pania dengan pemandangan indahnya. Pacitan terletak di Pojok Selatan Barat Provinsi Jawa Timur.  

"Pacitan disamping  dengan sebutan kota 1001 Goa, terkenal  dengan keindahan Pantai,"jawabnya. Karena keindahan pantai yang dimiliki kota kecil ini tak heran bila para wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong ingin berlibur dan berkunjung ke Pacitan. Pantai Pacitan menjadi primadona pendapatan asli daerah Pacitan.

Pantai Pancedoorr yang terletak di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur, terjangkau dari pusat kota.  Pohon cemara menambah indahnya Pantai Pancerdoor, ditambah lintasan pejalan kaki dirimbunnya pohon cemara.  Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Pacitan, kurang lebih sekitar 5-10 menit perjalanan jika menggunakan kendaraan bermotor. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai lain yang ada di Pacitan.

Pantai ini menyuguhkan keindahan ombaknya yang siap memanjakan para surfer. Biasanya tiket masuk ke pantai ini tidaklah mahal yaitu sebesar RP.5000 untuk dewasa, dan sekitar Rp.4000 untuk anak – anak. Sebelum memasuki wilayah Pancer Door, kalian akan diberhentikan seperti halnya hendak membayar masuk jalan tol. Nah, setelah melewati pintu masuk pembayaran kemudian ada jalan belok kiri, terus ikuti jalannya saja nanti disana kalian akan menemukan jalan yang sangat luas dibagian ujung pantai pancer kalian juga bisa memarkir sepeda motor kalian disana. 

Pantai Pancerdoor kita juga disuguhi pemandangan deretan pohon cemara yang memberikan suasana sejuk, dan sangat cocok untuk kegiatan camping, diskusi, dan tempat foto bersama keluarga, kerabat, dan teman- teman. Di sekitar pantai juga tersedia lapak-lapak pedagang, depot atau warung makan, dan sebagainya. Banyaknya pengunjung yang datang biasanya menghabiskan waktunya untuk sekedar minum kopi sembari menikmati senja di waktu sore dan juga makan di depot atau warung yang ada di sekitaran pantai Pancer. 

Pancedoor membawa berkah dan  keuntungan tersendiri bagi para pedagang yang berjualan di sekitar Pantai Pancer Door. Pantai Pancerdoor terdapat banyak area untuk spot foto yang bagus, kalian juga bisa berfoto sepuasnya. Biasanya pada waktu sore dan pagi hari banyak warga yang mengunjungi Pantai Pancer Door untuk melakukan aktifitas berolahraga bersepeda , lari, dan skateboard. 

Jadi banyak sekali wisatawan maupun masyarakat setempat yang datang untuk berkunjung ke pantai ini, hanya untuk melepaskan rutinitas sehari-hari dan tentunya juga menikmati pesona keindahan Pantai Pancer Door. 

Pacitan sendiri pemerintah daerah juga sudah memperhatikan potensi wisata yang ada di kawasan Pancer Door seperti halnya pembangunan taman, panggung event, bumi perkemahan, dan etalase Geopark. Penjagaan kawasan wisata Pantai Pancer Door juga sering dilakukan, baik relawan maupun pemerintah daerah. Kegiatan rutin bersih di Pantai Pancer Dor juga sering dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah setempat kerjasama dengan berbagai elemen seperti Kodim Pacitan, Polres dan berbagai elemen lainnya. 

Kesimpulannya kita sebagai generasi muda juga harus berperan menjaga keindahan dan kebersihan pantai jangan hanya mau berwisata tapi tidak mau menjaga kebersihan. Apakah kalian mau melihat Pantai yang kita cintai rusak dan kotor ? jawabannya tentu saja tidak. Nah, oleh karena itu tetap jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Tujuannya agar kelestarian pantai tetap terjaga, bersih , dan disegani banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 

Oleh: Dika Ayu Setyaningrum / PBSI / STKIP PGRI Pacitan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer