WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN



Jum at. 22 Nopember 2019
Sektor wisata di Indonesia dianggap sangat memberikan keuntungan ekonomis yang cukup tinggi. Kehadiran wisatawan dapat diartikan sebgai kehadiran rezeki bagi sejumlah orang, mulai pemandu wisata, sopir, pedagang, dan pegiat wisata lainnya.

Dengan demikian, sektor wisata bukan hanya memberikan memberikan keuntungan dilingkup pariwisata melainkan juga menguntungkan bagi bidang-bidang lainnya.

Dalam kehidupan masyarakat saat ini sektor pariwisata menjadi manfaat positif bagi sektor lainnya. Sebagai contohnya yaitu pariwisata di kawasan pantai, sektor pariwisata dapat menjadi peluang baru bagi penduduk sekitarnya untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian melalui wirausaha rumah makan maupun penginapan dan lain-lain.

Dengan demikian, pengembangan sektor pariwisata di Indonesia khususnya di Kabupaten Pacitan menjadi hal yang penting dan harus mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan APBD daerah dan memajukan taraf perekonomian masyarakat disekitarnya.

Pembuatan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif merupakan metode dalam memecahkan masalah dengan penggambaran keadaan subjek maupun objek permasalahan tersebut. Selain itu, metode ini juga menggambarkan fakta yang ada tentang suatu permasalahan yang sedang diselidiki. Ciri selanjutnya adalah adanya garis hubungan antar fenomena sehingga penelitipun harus menghubungkannya dengan baik. Metode penelitan yang dipakai dilengkapi dengan gambaran tempat wisata yang dilengkapi foto dan dokumen yang menunjang kefaktualan dan validitas artikel ilmiah ini.

Kabupaten Pacitan menjadi salah satu kabupaten yang mendapat julukan kota wisata, hal ini ditunjang dengan adanya pesona 1001 pantai dan goa disepanjang jalur lintas selatan (JLS) yang membentang dari kecamatan Donorojo sampai kecamatan Sudimoro. Salah satu pantai yang menawan tapi belum terekspose media dan belum dikenal khalayak wisatawan sekarang ini adalah Pantai Watu Papak. 

Pantai Watu Papak terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur. Akses menuju pantai sekitar 28 km ke arah timur dari pusat kota Pacitan. Lokasi lebih tepatnya, pantai Watu Papak terletak di sebelah barat pantai Soge yang sudah dikenal wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena keindahan dan panorama yang menawan menjadi ciri khas pantai Soge. Sama halnya dengan pantai Soge, pantai yang baru dibuka untuk wisatawan pada tahun ini yaitu pantai Watu Papak juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dengan suguhan pasir lembut dan panorama pantainya.

Watu Papak juga tak diragukan lagi keperawanan indahnya, karena belum banyak terjamah oleh manusia. Ombak biru yang tenang dipadu batuan karang yang terhampar pada pantai yang menawan ini. Layanan sarana dan prasarana juga semakin ditingkatkan oleh pengelola wisata di pantai Watu Papak, contohnya yaitu infrastruktur jalan menuju pantai, toilet umum dan warung makan demi menunjang kenyamanan wisatawan yang datang ke wisata pantai tersebut. Menurut penjelasan dari pengelola pantai Watu Papak bahwa akan dibangun area parkir yang luas, dan juga peningkatan fasilitas lain di area pantai.

Pantai Watu Papak sendiri juga menawarkan spot foto untuk anak muda yang kekinian maupun wisatawan umum yang sekedar mengabadikan liburan di keindahan pantai. Bagi yang ingin berwisata di pantai Watu Papak disarankan untuk datang di pagi hari atau sore hari untuk menikmati matahari tenggelam yang sangat indah dipandang mata. Pantai Watu Papak menjadi salah satu alternatif liburan bagi anda karena dengan tiket masuk yang terjangkau yaitu lima ribu rupiah untuk satu orang akan mendapatkan wahana liburan untuk refresing bersama keluarga maupun teman yang menjadi kenangan semasa hidup.

Dibukanya wisata pantai Watu Papak, menambah destinasi baru bagi wisatawan yang ingin berlibur di kota Pacitan. Tentunya dengan seiringnya bertambahnya tahun wisata di kabupaten Pacitan menjadi semakin bertambah banyak dan menjadikan wisatawan semakin betah berlama-lama berlibur. Sehingga untuk menghabiskan waktu berlibur disini tidak cukup sehari.

Berdasarkan hasil hasil penelitian dengan menggunakan metode deskriptif maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan sektor pariwisata di Indonesia, khususnya di kabupaten Pacitan terus ditingkatkan dan mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Indonesia dengan sektor wisata. Salah satu pengembangan wisata di Pacitan adalah dibukanya objek wisata baru pantai Watu Papak yang memiliki keunikan tersendiri daripada pantai-pantai lain.
   Penulis: Suangga 

  Publisher: Prabangkaranews  Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer