Musyawarah Dusun Sebagai Dasar Penyusunan RPJM Desa Sirnoboyo 2020-2026


Agoeshendriyanto.com - Musyawarah Dusun yang dilaksanakan di Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, dihadiri oleh Kepala Desa, Kasun,  BPD, Kader, Sekdes, Ketua RT se Dusun Krajan, dilaksanakan di rumah Kasun Dusun Krajan,  Hari Senin (2/3/2020).


Kepala Desa Sirnoboyo Eko Hariyono yang telah dilantik kurang lebih 3 bulan mengatakan bahwa, untuk melaksanakan program kerja dalam rangka  mewujudkan visi dan Misi saat kampanye Kepala Desa Sirnoboyo, perlu penggalian aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan program kerja 6 tahun ke depan.   Oleh sebab itu penggalian gagasan untuk tiap RT harus diusulkan dan nanti akan dikelompokan oleh pemerintah Desa menjadi program baru, mendesak yang selanjutnya sebagai bahan untuk dimasukkan dalam RPJMDesa 2020-2026.


Sirnoboyo khususnya dalam bidang kebersihan, harus menjadi prioritas utama jangan sampai hanya memikirkan pembangunan fisik saja.  Salah satu yang cukup mendesak  berkaitan pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah. "Jika ada permasalahan jika udah selesai tingkat desa, sebaiknya dimusyawarahkan, jangan sampai kasus ini sampai pada kejaksaan," tandas Pak Eko.

Pendamping Desa Sirnoboyo, bahwa moment ini adalah 0 bagi Kepala Desa. Semua program harus diusulkan untuk dimasukan dalam RPJMDesa, sehingga tiap tahun yang dimusyawarahkan harus masuk dalam RPJMDesa 2020-2026, "tegas pendamping desa.

Pak RT ada yang mengusulkan fogging dimasukan dalam perencanaan desa yang dananya bisa diambilkan dari dana ADD atau iuran masyarakat, " saran Pak RT 02.  Selain itu juga ada yang mengusulkan jalan usaha tani, jalan Desa, talud jalan, serta  program pemberdayaan masyarakat lainnya.

Pak Sekdes yang dibantu oleh Kasun Krajan membagikan formulir kepada 7 ketua RT di Dusun Krajan untuk diisi dengan jangka waktu 6 hari.  Setelah 6 hari Pak kasun akan keliling ke RT untuk mengambil formulir yang telah diisi dengan berbagai program usulan.  Sehingga usulan itu yang akan menjadi prioritas program kerja Kepala Desa yang dijadikan sebagai dasar dalam pelaksanakan pembangunan di Desa Sirnoboyo tahun anggaran 2020-2026.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.