Dandim Solo: Ikut Rapat Koordinasi Kesiapan Lokasi Karantina Pemudik Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19


Agoeshendriyanto.com - Surakarta - Bertempat di Balai Tawang Arum komplek Balaikkota Surakarta Jl. Jend Soedirman No. 2,  Kelurahan  Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon,  Kota Surakarta Dandim 0735 Surakarta (Solo) Letkol Inf Wiyata S Aji, SE, MDS,  ikuti Rapat Koordinasi (Rakoord) dalam Rangka Persiapan Lokasi untuk Karantina wilayah bagi OPD/PDP yang menuju Kota Surakarta.

Rapat yang membahas Karantina wilayah  dalam rangka antisipasi penyebaran Covid -19 Surakarta,  dipimpin oleh Rahmat (Asisten Administrasi umum) yang dihadiri 40 orang, Selasa (31/3/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut;  Kombes Pol Andi Rifai, S.IK. MH (Kapolresta Surakarta), Ir. Ahyani, MA (Sekda kota Surakarta),  Kinkin Sultanul Hakim (Asisten Pemerintah Kota Surakarta) Drs. Hari Prihatno (Kadishub Kota Surakarta), Rahmad (Asisten Administrasi umum), Dr. Siti Wahyuningsih (Kadis DKK Kota Surakarta), Kentis (Diskominfo kota Surakarta) dan Hendardi, SH. MH (Kakesbangpol).


Hasil rapat disampaikan  bahwa tempat untuk Karantina OPD Covid-19 wilayah Kota Surakarta antara lain:  Joyokusuman, Joyosuhartan dan Graha wisata. Sedangkan untuk tempat pengawasan umum ketiga tempat karantina di Pendapi Gedhe Balaikota Surakarta.  Untuk kelengkapan tempat karantina harus  disiapkan: dapur umum,  WC, Kamar Mandi,   tempat ibadah, olahraga, materi wawasan kebangsaan, materi parenting oleh Dinas Pariwisata.

Masa karantina   selama 14 hari, dengan tujuan  untuk membuat sok terapi para pemudik yang akan pulang kampung dan membuat yang  lain tidak mengikuti puleng kampung selama masih adanya pandemi Covid 19.  Sedangkan untuk  untuk pengawasan keluar masuk pemudik yang mau pulang kampung halaman diserahkan ke Kodim dan Polres.

Dandim Solo menyampaikan dalam rapat bahwa intinya,  " Kodim siap membantu program pemerintah daerah dalam rangka kegiatan pengawasan terhadap para pemudik yang mau pulang kampung melalui bandara, terminal, stasiun yang berada di wilayah Kota Surakarta.  Tujuannya  untuk memutus mata rantai Covid-19,  dan siap mendukung sarana prasarana antara lain tempat tidur (Valbet)."

Sedangkan Penyampaian dari Kapolresta Surakarta, "Polres siap membantu program pemerintah daerah salah satunya dalam pelaksanaan pengawasan kedatangan pemudik di bandara, terminal  Stasiun selama Covid-19 dan siap membantu pelaksanaan pekerjaan di dapur umum."

Penyampaian dari Kadishub Kota Surakarta Setiap kedatangan para pemudik di terminal, Stasiun harus semua tercatat alamat tinggal nomor hp dan tempat tujuan, Di dalam pengawasan kedatangan pemudik Dishub minta pendampingan dari TNI maupun Polri dan Dinkes, semua kendaraan Bus wajib masuk ke terminal dan Mendeteksi/Pengawasan perbatasan yg naik kendaraan pribadi perlu pengawasan ekstra. (Agus Kemplu/AHy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.