Danramil 05 Pasar Kliwon bersama Puskesmas Sangkrah Sosialisasi Bahaya Virus Covid-19


Agoeshendriyanto.com -Surakarta - Danramil 05 Pasar Kliwon,  Kodim 0735 Surakarta,  Kapten Cpl Warji dan 2 Anggota Babinsa (Serda Sukatno dan Serda Warseno) bersama Dinas Puskesmas Sangkrah, melaksanakan sosialisasi bahaya dan pencegahan penyeberan Virus Covid-19.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat keramaian atau kerumunan warga di Kecamatan Pasar Kliwon. Senin (30/03/2020).


Sosialisasi  penyebaran Virus Corona (Covid 19), Koramil 05 Pasar Kliwon bersama Puskesmas Kelurahan  Sangkrah menghimbau kepada masyarakat untuk mengenali gejala klinis i Virus Corona (Covid 19) yaitu;  demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan disertai letih dan lesu.

Materi sosialisasi  pencegahan terhadap Virus Corona (Covid 19) sebagai berikut: 
  1. Sering mencuci tangan menggunakan sabun, 
  2. Gunakanlah masker bila sedang batuk atau pilek.
  3. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak di masak.
  4. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi buah, sayur dan minum air putih.
  5.  Rajin berolah raga dan istirahat yang cukup.
  6. Hindari tempat keramaian atau bepergian ke tempat umum.
  7.  Kepada orang tua diminta untuk terus mengawasi anak-anak nya untuk tidak bermain keluar rumah atau tempat keramaian.
  8. Jika ada gejala demam, batuk dan pilek di sertai sesak nafas.
  9.  Segeralah periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat terdekat.

Dengan adanya himbauan tersebut, Serda Sukatno berharap kepada masyarakat, "untuk tidak panik, tetap tenang, harus waspada dan melakikan langkah -langakah pencegahan terhadap Virus Corona."

Ditempat terpisah, Danramil 05 / Pasar Kliwon,  Kapten Cpl Warji mengimbau, " agar masyarakat perlu mengenali gejala-gejala klinis virus corona dan upaya pencegahannya, mewaspadai orang yang baru datang dari daerah KLB, serta mengurangi kontak langsung di tempat umum dan melaksanakan aktivitas seperti biasanya.  



 "Masyarakat jangan panik dan resah. Karena virus ini bisa dicegah. Cara mencegahnya sebagai berikut:  dengan menjaga kebugaran tubuh melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), asupan makan dengan gizi yang seimbang,  istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan masker saat batuk. Mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat, dan biasakan cuci tangan,” pesan Danramil.  (Agus Kemplu)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.