Dilematis Saat Endemi Covid-19: Semoga Diberikan Kemudahan

Agoeshendriyanto.com - Pacitan- Siang ini di depan bengkel Rafid Motor terasa seperti hari biasa.  Selasa (31/03/2020).  Pacitan yang sebagian besar masyarakatnya kerja di bidang informal kegiatan mencari nafkah untuk keluarga merupakan kewajiban bagi orang tua.  Mereka punya tanggungan anak-anak dan isteri yang berdoa agar selalu dimudahkan mendapatkan rejeki yang barokah hari ini.

Kebijakan pemerintah yang menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Physical Distancing terasa benar dibandingkan dengan Social Distancing. Psysical Distancing sangat cocok bagi pekerja informal yang harus bekerja agar keluarga dapat makan hari ini.  Kita bisa beraktifitas namun harus selalu jaga jarak yang aman. 


 Mungkin bagi yang sudah tercukupi kebutuhan hidupnya dijamin negara tidak masalah.  Tapi bagi pegawai informal: pedagang, petani, nelayan, sopir, mekanik, pengrajin kalau tidak bekerja siapa yang akan menjamin kehidupannya.  

mari kita berpikir positif, mereka keluar rumah, mereka bepergian, disebabkan kebutuhan akan makan.  Jika kebutuhan makan dia terpenehi pasti mereka akan sama dengan yang saat ini santai sampai main game, tik tok, zoom, google, dan sebagainya.  Marilah kita tidak saling menyalahkan kita saling membantu dan gotong-royong untuk keluar dari wabah Covid-19.

Jangan kita perdebatkan, kita memang berbeda dengan wilayah lain atau negara lain.  Kearifan lokal suatu wilayah yang akan bisa menjawab setiap tantangan saat endemi Covid-19.  

Sebagai contohnya banyaknya perantau yang pulang ke kampung halaman.  Kita tahu bahwa mereka di kota, aktifitas pekerjaan mereka sementara libur sehingga mereka tidak mempunyai uang untuk bertehan hidup di Kota.  Coba saudara bayangkan.  Jika posisi itu saudara!

Perantau adalah pahlawan ekonomi bagi keluarga mereka masing-masing. Jika mereka tidak merantau siapa yang akan memberi makan keluarganya ! Mereka telah rela berkorban untuk jauh dari keluarga demi meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka. Tetapi di tengah pandemi virus corona, negara meminta kepada semua masyarakat untuk ikut berjuang memutus rantai penyebaran virus Covid-19. 

Semoga kita selalu mematuhi "physical distancing,  jaga kesehatan, berdoa, berjuang, selalu optimis.  Semoga Covid-19 segera berakhir.(redaksi/Ahy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.