Membeli Jumlah Banyak Hanya Akan Menurunkan Kecemasan / Ketakutan dalam Jangka Pendek

 

Agoeshendriyanto.com - BNPB_Indonesia- Salam Tangguh- Membeli banyak barang yang didasarkan karena ketakutan pada suatu peristiwa atau yang biasa disebut sebagai panic buying terjadi di beberapa negara di dunia akibat mewabahnya Covid-19. 

Wasekjen Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) Dicky Pelupessy, M.DS., Ph.D menjelaskan bahwa membeli dengan jumlah banyak hanya akan menurunkan kecemasan/ketakutan dalam jangka pendek atau hanya dalam sementara, bukan dalam jangka panjang.

Dicky menambahkan," bahwa masyarakat dapat membeli kebutuhan secara rasional dan paling dibutuhkan saja dengan jumlah yang cukup, sehingga barang-barang kebutuhan dasar mampu didapatkan secara merata (untuk orang atau keluarga lainnya). "

Dicky juga mengimbau kepada pemerintah dan pelaku usaha untuk bersinergi dalam memastikan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dapat tersedia dengan jumlah yang mampu didistribusikan secara merata dan harga yang wajar. 

Kerja sama pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dapat menekan fenomena panic buying sehingga tidak terjadi di Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.