Awas ! Infodemik Yang Salah, Ancaman Dapat Memperburuk Pandemi COVID-19


Agoeshendriyanto.com - Ketua Mafindo Harry Sufehmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mangatakan bahwa, istilah Infodemik menjadi istilah yang  sudah mengglobal disebabkan  turut memperburuk situasi, kita saat ini di situasi pandemik, wabah global, bukan lokal. Jakarta, Sabtu, 18 April 2020.

Baca Juga:  Sebaran Covid-19 Indonesia per 18 April 2020

"Selain tantangan dalam upaya memutus penyebaran virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2, hambatan lain yang juga dihadapi masyarakat adalah adanya infodemik seputar COVID-19. Infodemik ini mengarah pada informasi berlebih akan sebuah masalah, sehingga kemunculannya dapat mengganggu usaha pencarian solusi terhadap masalah tersebut, " ujar Harry

Pendiri Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Harry Sufehmi mengatakan bahwa saat ini istilah infodemik kini sudah mengglobal karena turut memperburuk situasi dan tidak menolong sama sekali.


Selain itu, infodemik juga dapat berakibat fatal hingga menyebabkan korban nyawa. Fenomena itu yang sering muncul di tengah masyarakat, seperti misalnya informasi yang tidak benar mengenai salah satu obat penangkal COVID-19 yang membuat masyarakat justru merasa aman dengan adanya obat tersebut sehingga mengabaikan anjuran protokol kesehatan.

Baca Juga: Peta Sebaran Covid-19 di Jawa Timur per 18 April 2020

 Akibat infodemic ini bisa cukup fatal, sampai menyebabkan korban nyawa. Misalnya informasi mengenai obat tapi hoaks, jadi lengah gak papa kalau kena, tinggal kasi bawang putih, padahal sebetulnya hoaks. Terus berbagai narasi yang menghasut tapi hoaks sehingga menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat yang sudah cukup susah karena wabah ini, jadi kita kasihan sekali,” ujarnya.

Sumber: https://www.infokabinet.id 

Publisher: Prabangkaranews Media Group

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.