BPD Desa Sirnoboyo Berperan Aktif dalam Pencegahan Covid 19


Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Badan Permusyawaratan Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, kabupaten Pacitan sebagai mitra Pemerintah Desa mempunyai tanggung-jawab terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.  Hal ini sebagai implementasi dari tugas dan fungsi BPD di masyarakat.


Berdasarkan musyawarah secara online, Hari Jum'at (24/04/2020) dipimpin oleh Ketua BPD Anis Sutrisno, M.Pd dengan kedelapan anggota menyepakati pemasangan spanduk di tempat strategis.  Hari Sabtu (25/04/2020) pemasangan di tempat strategis yang telah disepakati bersama dalam rapat malam hari.  

"BPD Desa Sirnoboyo yang baru dilantik untuk periode 2020-2026 membuat sebuah terobosan baru untuk memberikan himbauan kepada masyarakat melalui spanduk himbauan kepada masyarakat Desa Sirnoboyo untuk mematuhi himbauan dari pihak pemerintah, " jawab Anis Sutrisno sebagai ketua BPD Desa Sirnoboyo terpilih. 

Pemasangan spanduk berisi himbauan kepada msayarakat Desa Sirnoboyo, Kec / Kab. Pacitan untuk menjadi pelopor khususnya diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dalam pencegahan Covid-19. 


Berdasarkan data di Pusat Data Penanganan Covid-19 Kab. Pacitan untuk data per 25/04/2020, jumlah Orang Sehat Dengan Resiko (ODR) total 16.128 orang. ODR masih dipantau 4.012 dengan prosentase 24,9 %.  Selesai dipantau 12.116 dengan prosentase 75,1 %. 

Jumlah Orang  Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 59  orang. Masih dalam pemantauan 33 orang dengan prosentase 6,5 %. ODP selesai dipantau 476 orang dengan prosentase 93,5 %.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan jumlah total 9 orang,  dengan rincian PDP masih  dipantau 5 orang prosesntase 55,6 %, dan selesai dipantau 4 orang dengan prosentase 44,4 %. 

 
BPD Desa Sirnoboyo yang terdiri dari: Ketua Anis Sutrisno, S.Pd., MSi.;  SITI NURJANAH, S.Sos;   Ani sumarsono, S.Sos;  Agoes Hendriyanto, S.P., M.Pd; M. Sahid;  Imam Bashori, S.H., Demi Patriasih, S.E.; Katimin,S.Pd.  Anggaran dari sumber Dana Opreasional BPD.

Segenap anggota BPD Desa Sirnoboyo mengharapkan peran masyarakat Desa sebagai pelopor terutama untuk mematuhi segala peraturan dari Pemerintah, dan protokol kesehatan dari WHO. 

Mudah-mudahan Pacitan tetap terjaga tidak ada penambahan positif Covid-19. Namun harus selalu waspada untuk selalu  patuhi anjuran dari pemerintah: 

Mari kita jaga Yang sehat agar tetap sehat, Yang Sakit harus Sehat dengan cara:

  1.  Cuci Tangan Dengan Sabun,
  2.  Disiplin Jaga Jarak 2 Meter,
  3.  Gunakan Masker Kain Untuk Masyarakat Saat Keluar Rumah,
  4. Memutus Mata rantai penyebaran Covid-19 dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)atau hindari kerumunan manusia
  5.  Jika ada gejala isolasi mandiri dan lakukan konsultasi kesehatan melalui saluran telepon online di tempat  terdekat.
  6. Bersifatlah jujur pada petugas saat pemeriksaan.
  7. Melaksanakan kegiatan ibadah di Bulan Ramadhan dengan memathui protokol kesehatan. 
Publisher: Prabangkaranews Media Group

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.