Cinta dan Kewajiban “ Karya L. Warata dan Nur Sutan Iskandar Periode Balai Pustaka




Agoeshendriyanto.com - Novel yang berjudul “ Cinta dan Kewajiban “ karya L. Warata dan Nur Sutan Iskandar termasuk dalam karya sastra periode Balai Pustaka. Karya sastra ini memiliki karakteristik antara lain dengan ciri-ciri, yaitu :

  1.  Menganut paham romantisme.
  2.  Dipengaruhi oleh kehidupan tradisi sastra lokal.
  3.  Persoalan yang diangkat tentang kesabaran dan kepatuhan terhadap kedua orang tua.


Didalam cerita novel yang berjudul “ Cinta dan Kewajiban “ ini bertemakan tentang adanya seorang perempuan yang bernama Annie. Ia begitu patuh dan sabar dalam menghadapi orang tuannya, yang dalam merawat ibunya dalam keadaan sakit-sakitan dengan begitu tulus. 

Annie juga selalu sabar dalam menghadapi perlakuan bapaknya yang kasar terhadap ibunya. Saat ibu Annie sudah meninggal dan digantikan oleh ibu tirinya Annie dilamar oleh seorang laki-laki yang bernama Bram, ia tidak menerima lamaran Bram karena kewajiban membela orang tuannya yang harus ia lakukan. 

Annie akan menerima lamaran Bram apabila tidak ada halangan lagi menyangkut bapaknya. Akhirnya Bram setuju dengan keputusan Annie dan ia kembali ke Ambon. Sebenarnya ibu tiri Annie ini tidak suka kalau Annie bahagia maka ibu Annie menjodohkan antara sahabat Annie yang bernama Fien dengan Bram. 

Cobaan yang dihadapi antara perjalanan cinta Annie dengan Bram harus tertunda. Bram menolak untuk bertunangan dengan Fien. Karena Annie gadis yang lembut, dan baik hati ia tidak ingin menyakiti hati sahabatnya, bahwa ia rela tidak menikah sebelum Fien menikah terlebih dahulu. 

Dengan seiringnya perjalanan waktu Annie menjodohkan Fien dengan kakak laki-lakinya akhirnya mereka tertarik dan tidak ada halangan lagi antara cinta Annie dan Bram langsunglah Bram meminang Annie. Disini cinta yang dimaksudkan adalah cinta terhadap laki-laki atau suami, sedangkan kewajiban adalah kewajiban patuh terhadap kedua orang tua. 

Dari novel “ Cinta dan Kewajiban “ ini mengandung beberapa amanat, yaitu :Patuh dan berbakitilah kepada kedua orang tua karena orang tua sudah membesarkan kita.

  1. Dalam kesabaran pasti akan membuahkan hasil yang diinginkan. 
  2. Mengedepankan kewajiban untuk patuh kepada orang tua daripada cinta. 
  3. Mengajarkan kita bahwa sebuah cinta butuh perjuangan.
Penulis: Suci F

Publisher: Prabangkaranews Media Group


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.