Marhaban Ya Ramadhan 1441


Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Ramadhan 1441 H kali ini begitu berbeda, di tengah pandemi Covid-19 yang sampai tulisan ditulis Jum'at (24/04/2020) secara nasional mengalami penambahan 357 sehingga akumulasi jumlah yang terkonfirmasi berjumlah 7.775 orang. 

Saat ini banyak sekali kebijakan yang telah diputuskan oleh pemerintah salah satunya melarang mudik.  Apalagi tradisi mudik telah menjadi kebiasaan masyarakat.  Kesemuanya perlu adanya kesamaan pandangan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terjadi penambahan kasus baru di masyarakat. 

Namun yang berkembang adanya perbedaan pemahaman antara mudik dan pulang kampung.  Sebelum kita mengetahui arti kita pahamai dulu apa itu bahasa. 
Abdul Chaer (2012: 33-36) bahasa sebagai sistem lambang, bunyi bahasa yang arbiter yang mempunyai makna.  Disini sifat arbiter diartikan berubah-ubah, tidak tetap berdasarkan kesepakatan bersama-sama.  selain itu juga bahasa mempunyai sifat yang unik dan arti yang berbeda dalam satu kata yang dipergunakan dalam sebuah kalimat.  

Contohnya: kata kepala 
Kalimat 1: Kepala sekolah SMP, meliburkan siswanya.
kalimat 2:  Andi jatuh dari sepeda sehingga kepala membentur di lantai.  
Kata kepala kalimat pertama mempunyai arti pimpinan di SMP.  Kata kepala kalimat kedua mempunyai arti anggota tubuh manusia. 

Sekarang ini banyak dibicarakan baik ahli bahasa sampai petani, buruh yang berkaitan dengan mudik dan pulang kampung.  

Dalam KBBI mempunyai arti kalau mudik
  1. v (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang -- sampai ke Sakayu
  2. v cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang
Mempunyai arti yang sama antara mudik dan pulang kampung.  Fungsinya sebagai alat manusia untuk menyampaikan pesan yang berupa tanda, lambang, bunyi bahasa yang telah disepakati dengan makna dan arti tertentu. Arti dan makna yang sama akan mengurangi kesalahpahaman penggunaan dalam komunikasi di masyarakat.  Apalagi masyarakat Indonesia yang multikultural dibutuhkan kerja keras untuk menyamakan arti dan makna.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H. Semoga kita semua selalu mendapatkan keberkahan dan keselamatan di tengah Pandemi Covid-19.  Amiin YRA. (AHy)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.