Tradisi Gugur Gunung Masyarakat Sekitar Pemakaman Gunung Pegat Sukoharjo, Pacitan

 
Agoeshendriyanto.com - Bulan Suci Ramadan tak lama lagi datang, disaat pandemi Covid-19. Namun tak mengurangi kegiatan sebelum Ramadan tiba dengan membersihkan makam keluarga.  Masyarakat di Desa disekitar makam Gunung Pegat Pacitan, melaksanakan kerja bakti membersihkan makam pada hari Minggu (20/04/2020).

Sebelum memasuki Bulan  umat muslim punya tradisi melakukan ziarah ke makam keluarga atau orangtua.  Kita harus ingat bahwa pada akhirnya kita akan meninggal seperti mereka yang telah mendahului kita di alam kubur.
 

Kebiasaan secara turun-temurun untuk membersihkan makam.  Kegiatan ini untuk membersihkan makam dari tanamanan liar disekitar makam agar  seperti makam suasana bukan seperti hutan jika tidak dibersihkan. Tanaman liar tumbuh subur disekitar makam oleh sebab itu tradisi gugur gunung ini senantiasa dilakukan oleh warga sekitar,  yang  ahli warisnya dimakamkan di Pamakaman Gunung Pegat.

Tinggal menunggu pengumuman pemerintah untuk melaksanakan puasa Ramadan 1414 H.  Umat muslim akan mulai melaksanakan Salat Tarawih, Jum'at 24 April 2020  malam. Pemerintah menganjurkan untuk Salat Tarawih di rumah dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga Covid-19 segera berakhir. Amiin YRA.   (AHy)

Publisher: Prabangkaranews media Group


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.