[Antasena 96 Peduli] Donasikan Ribuan Masker di Beberapa Rumah Sakit Darurat yang Merawat Pasien COVID-19




Agoeshendriyanto.com – Jakarta – Penyebaran Virus COVID 19 yang begitu cepat menginspirasi berbagai komponen bangsa, diantaranya Alumni Akmil 1996 untuk membantu pemerintah dengan mendonasikan ribuan masker di beberapa rumah sakit darurat yang merawat pasien COVID-19.

Itu disampaikan Ketua Paguyuban Alumni Tidar 1996 (Antasena 96) Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan dalam rilisnya, Papua, Sabtu, (16/5/2020).

Diungkapkan Hengki, di sela-sela tugasnya sebagai prajurit, lulusan Akmil 1996 atau Antasena 96 tergerak secara sosial untuk membantu pemerintah memerangi penyebaran virus Corona dengan mendonasikan ribuan masker ke beberapa rumah sakit yang merawat pasien COVID 19.


 “Diantaranya, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang Batam.”ujar Hengki

Menurtnya, rekan-rekan Alumni Akmil 1996 termasuk keluarganya merupakan bagian kecil dari komponen bangsa yang ingin terlibat secara sosial dalam memerangi COVID 19, khususnya rumah sakit yang merawat pasien terinfeksi virus Corona.

Selain kepedulian kepada tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien COVID 19, tekad paguyuban Antasena 96 ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam hal sosialiasi penggunaan masker non medis atau yang terbuat dari katun.

“Dalam beberapa literatur yang kami ketahui, diantaranya website milik TNI AD (tniad.mil.id), diterangkan bahwa penggunaan masker kain pun cukup efektif dalam mereduksi penyebaran virus. Tercatat disana, beberapa negara berhasil meredam virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China,” tegas Hengki yang juga pernah menjadi staf pribadi Wakasad di tahun 2015-2018 itu.

Dengan yang dilakukannya itu, mewakili keluarga besar Paguyuban Antasena 96, Hengki berharap agar masyarakat juga semakin peduli untuk menggunakan masker non medis dalam aktifitas keseharian.

“Masker medis ataupun jenis N95 sangat dibutuhkan para tenaga medis saat merawat pasien. Kalau kita saat ini, sepertinya masih cukup menggunakan masker kain, apalagi telah diuji oleh para ahli bahwa (masker kain) cukup efektif,”terang Hengki .

Selain masker, menurut mantan Danbrigif 15/Kujang II, sebagai bagian dari paguyuban Antasena 96 beberapa rekannya juga berinisiatif membantu menyediakan face shield bagi tenaga kesehatan maupun pasukan TNI AD yang mengamankan wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalbar.

“Face shiled yang dibuat rekan kami, Kolonel Cpl Oscar (Kapaldam XII/Tpr) sederhana, menggunakan bahan yang ada sekitar di kita. Secara di jumlah, kami rasa bisa membantu tenaga kesehatan dan Satgas Pamtas di Kalbar,” ujar Hengki tanpa mau menyampaikan jumlah rinci keseluruhan bantuan yang disalurkannya.


 Selain membagikan masker ke rumah sakit, Antasena 96 juga mendistribusikan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID 19. 

“Tidak banyak, sembako yang dibagikan ke warga-warga yang kurang beruntung, seperti mereka yang di sekitar wilayah Cianjur dan Bogor. Situasi saudara-saudara kita tidak hanya memerlukan empati tapi juga kepedulian dari kita semua,” kata Hengki yang juga pernah menjabat sebagai Danbrigif PR 17/Kujang I.

“Tidak saja pemerintah, TNI, Polri maupun tenaga kesehatan, untuk pencegahan COVID 19 bisa dilakukan oleh setiap individu, yaitu dengan disiplin menjaga pola hidup yang sehat dan bersih,”ujarnya optimis.

Kepedulian Paguyuban Antasena juga mereka berikan kepada keluarga para pelatih Taruna Akmil, berupa paket data untuk anak-anak mereka yang belajar di rumah serta hand sanitizer.

“Selain paket data untuk anak-anak pelatih di Akmil, kita juga ingin agar almamater di Lembah Tidar bisa terhindar dari virus COVID-19, maka kita bagikan hand sanitizer bagi para pelatih yang bersentuhan langsung dengan adik-adik taruna Akmil,”pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer