Desa Sumberharjo, Kec/Kab Pacitan Menjadi Kampung Tangguh Lawan Covid-19


Agoeshendriyanto.com
- Pacitan - Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan menjadi desa percontohan dalam memerangi pandemi covid 19. Desa yang terkenal dengan ikon Watu Lakar ini dikukuhkan sebagai Kampung Tangguh Semeru.

“Apa yang dilakukan kepala desa, perangkat dan masyarakat Desa Sumberharjo ini sangat luar biasa dan semoga menjadi contoh bagi desa lainya”, kata Bupati, saat menyaksikan peluncuran Kampung Tangguh Semeru di Desa Sumberharjo, Kamis (28/05/20).

Melawan pandemi covid 19 kata Bupati Pacitan Indartato tidak bisa sendiri sendiri, namun harus dilakukan bersama. Setiap penanganan, harus terkoordinasi dengan baik agar upaya memutus mata rantai penyebaran dapat berhasil. Termasuk, kepatuhan semua dalam mematuhi protokol kesehatan.


Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Kapolda Jawa Timur. Tujuanya untuk membentuk desa tangguh melawan pandemi covid 19. Harapanya, desa tetap sehat terbebas dari wabah virus. Semeru sendiri memiliki makna sehat, aman tertib dan rukun.

“Kita berharap dengan desa tangguh, pemerintah desa dan masyarakat dapat cepat dan tanggap memecahkan masalah terkait covid 19”, kata kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto.

Desa Sumberharjo sendiri dijadikan Desa Tangguh Semeru karena kedisiplinan serta kemampuan dalam melawan pandemi covid 19. Pemerintah desa setempat melakukan kontrol wilayah ketat dengan memberlakukan sekat wilayah disetiap pintu masuk.

Selain mendata, setiap pendatang yang akan memasuki Desa Sumberharjo harus lolos secreening kesehatan. Desa Sumberharjo juga melengkapi diri dengan ruang isolasi, dapur umum, lumbung pangan serta menyiagakan pemakaman khusus untuk covid 19. “Kita juga tengah siapkan desa tangguh lain, terutama yang sudah berstatus zona merah,” pungkas kapolres. (Rizky/Luky/Arif/HumasPacitan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer