Kodim 1014/Pbn Gelar Komsos Turnamen Seni Pencak Silat, Guna Membangun SDM Generasi Muda

PEWARTA_NUSANTARA | Kotawaringin Barat, Sabtu (27/6/20) - Untuk membangun sumber daya manusia khususnya generasi muda yang kreatif, Kodim 1014/Pangkalan Bun menyelenggarakan Turnamen Seni Bela Diri Pencak Silat bertempat di lapangan apel Makodim 1014/Pbn. Kegiatan yang dilaksanakan kemarin ini juga dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif.

Turnamen yang digelar bekerja sama dengan IPSI Kobar ini dibuka oleh Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu. Serta dihadiri oleh Pasi Ter Kodim 1014/Pbn, Kapten Inf Mulyono, para Pengurus Daerah Kab. Kobar Perguruan Pencak Silat Kera Sakti serta para atlet.

Turnamen ini diikuti para pesilat dari Perguruan IKSPI Kera Sakti Cabang Kobar. Yang mana masing‐masing peserta menampilkan aspek seni Beladiri Pencak Silat secara utuh dalam bentuk tampilan, gerakan ataupun jurus dan komite. Untuk dewan juri sendiri ditunjuk dari para pelatih Perguruan Kera Sakti.



Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu sekaligus Ketua Pelaksana Turnamen menjelaskan, tujuan dari turnamen seni bela diri ini merupakan salah satu untuk meningkatkan motivasi dalam rangka membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan adaftif.

Adapun sasaranya adalah perguruan Pencak silat yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi dengan komponen masyarakat seperti perguruan pencak silat.

"Bukan untuk mencari juara, tapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta yang mengikuti. Dengan harapan agar generasi muda bisa dibina mentalnya agar kreatif dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih unggul," ucapnya.


Letkol Inf Yudi Rianto Ratu berharap, melalui kreatifitas seni bela diri pencak silat, generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional serta melalui kegiatan positif.

"Hingga dapat membangun semangat belajar, bekerja dan berkarya untuk mencapai sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul," harapnya.

Ia juga berpesan, “Dengan adanya wabah Covid- 19 ini, mari kita selalu disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun guna mencegah penularan Covid-19," pesannya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan penyerahan hadiah oleh Pasi Ter Kodim berupa Piagam Penghargaan dan uang pembinaan kepada para pemenang. Diantaranya, juara pertama Sarif, juara kedua Iqbal, dan juara ke tiga Triwardah, ketiganya merupakan pesilat dari Perguruan IKSPI Kera Sakti. (Pendam XII/Tpr)

Publisher: Prabangkaranews Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer