Penyaluran BLT-Dana Desa Tahap I, Seluruh Desa di Kecamatan Arjosari, Kab.Pacitan, Jawa Timur Telah Tersalirkan

Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Pihak Kecamatan Arjosari telah pada Selasa, 2 Juni 2020 mencatat seluruh desa di Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur telah merealisasikan Bantuan Langsung Tunai  Dana Desaa (BLT-DD). Dari 17 desa yang ada di Kecamatan Arjosari, Desa Jatimalang dan Desa Mlati merupakan dua desa pamungkas yang merealisasikan BLT-DD tahap I.

Disampaikan oleh Camat Arjosari, Putatmo Iskandar di sela-sela pemantuan penyaluran BLT-DD bahwa 17 desa di Kecamatan Arjosari telah merampungkan penyerahan BLT-DD sebagai salah satu upaya pemerintah meringankan beban masyarakat miskin yang hidupnya semakin berat karena adanya Covid-19.

Dijelaskan oleh Putamto Iskandar bahwa BLT-DD ini diperuntukan bagi masyarakat miskin yang  terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ) belum mendapatkan bantuan dari skema Jaring Pengaman Sosial dari APBN dan keluarga miskin Non-DTKS yang Perbup N0.36/2016, keluarga miskin yang kehilangan matapencaharian, dan masyarakat yang miskin yang mempunyai penyakit kronis.


Secara umum, realisasi BLT-DD di Kecamatan Arjosari berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti, “Alkhamdulillah realisasi dana BLT-DD di wilayah Kecamatan Arjosari berjalan lancar dan tepat sasaran. Ada sedikit kendala hanya terkait adminitrasi data kependudukan tetapi dapat diselesaikan dengan baik oleh para pihak yang berwenang,” pungkas Putamto Sukandar saat diwawancarai Prabangkaranews pada Selasa (02/06/2020).

Jumlah kepala keluarga penerima antara desa satu dengan desa yang lain di Kecamatan Arjosari berbeda-beda. Ada desa yang jumlah penerima BLT-DD mencapai ratusan kepala keluarga, puluhan, dan bahkan belasan kepala keluarga. Hal itu tergantung kondisi masyarakat di desa masing-masing.

Adapun besaran yang diterima oleh penerima BLT-DD sejumlah Rp 600.000 (Enam Ratus Ribu Rupiah). Rencananya BLT-DD akan diterimakan dalam tiga tahap. Dengan adanya BLT-DD ini warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena wabah Covid-19 dapat terbantu. (redaksi/Bkt/2020)

Publisher: Prabangkaranews Media Group

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.