Peran Tanggul Dalam Menjaga Kestabilan Tanah dan Menambah Keindahan Alam

Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Alam merupakan sebuah anugerah yang diberikan dan diciptakan oleh Allah SWT kepada makhluknya, kita sebagai manusia hanya bisa mensyukuri dan tetap menjaganya. Alam juga salah satu bentuk kekuatan yang dimiliki dunia dan akan digunakan oleh manusia sebagai bentuk karunia yang telah diterimanya. Alam sendiri menjadi penyebab terjadinya segala bentuk yang seakan-akan diatur dan dilakukan oleh manusia.

Kejadian yang terjadi pada alam saat ini adalah perlakuan yang dilakukan oleh manusia. Manusia telah menjadikan alam sebagai bentuk rasa syukur dengan merawatnya, tetapi manusia juga melakukan perlawanan untuk merusaknya. Setiap manusia mempunyai prinsip yang dilakukan berbeda-beda, alam akan membaik dan terjaga jika manusia akan memperhatikannya, tetapi alam juga akan memburuk jika melemahnya perhatian yang diberikan oleh manusia sendiri.



Jadi kita sebagai manusia harus menjaga dan selalu mengetahui bentuk keterjagaan alam untuk menjadikan alam sendiri menjadi lebih baik lagi. Sebuah bentuk dalam memperbaiki alam salah satunya yaitu memperhatikan dan membuat tanggul untuk mencegah terjadinya kesenjagan alam yang terjadi. Tanggul  sendiri membawa dampak baik bagi alam maupun makhluk Allah SWT lainnya.


Tanggul mempunyai peran sebagai tambak ataupun pematang besar dan penahan yang bertempatan di tepi sungai yang bertujuan sebagai penahan air yang mengalir. Sebagai manusia hal yang harus diterapkan adalah menjaga kelestarian tanggul agar tetap terjaga manfaatnya. Tanggul mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk dijaganya seperti, mengatur muka air serta menjaga aliran sungai. 

Tanggul juga berperan sebagai saluran yang digunakan bahan timbunan tanah yang umumnya mempunyai kekuatan dalam menahan air. Sebagai tanggul penahan air mempunyai kekuatan untuk membentengi arus air yang berada di sungai. Karena kekuatan tanggul ini mampu menahan air yang mengalir dengan derasnya.

Tanggul memang buatan manusia tetapi kekuatan yang dibentuknya dapat memperbaiki sistem alam. Tanpa kita sadari bahwa tanggul sendiri mempunyai peran penting untuk menolak berbagai ancaman banjir ataupun derasnya air. Hal ini dapat dikatakan bahwa tanggul sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja jika tidak ada tanggul, air sungai pasti akan meluap dan masuk pada pekarangan rumah warga sekitar.



Tanggul yang berada di sekitar merupakan tanggul yang berdiri kokoh dibuat dengan ketahanan dan ketangguhannya dalam menghadapi banjir. Tanggul disekitar daerah ini mampu mencegah erosi yang dapat merusak tatatnan alam. Untuk mencegah banjir sendiri tanggul ini didirikan, tetapi masyarakat juga harus sadar jangan hanya mengandalkan tanggul sebagai penahan air.

Tetapi masyarakat harus menerapkan hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan agar banjir tidak akan terjadi lagi. Adanya tanggul ini hal yang wajib kita lakukan yaitu tetap menjaga dan jangan sampai air meluap sampai daerah tempat tinggal warga. Karena masyarakat yang tinggal di dekat sungai dan laut sangat rawan terkena luapan air, apalagi jika tanggul tersebut tidak bisa menahan aliran air. Jadi, masyarakat akan hidup tentram dan alam juga semestinya, tidakada kerusakan yang akan terjadi.

Stabitilas tanggul sebagai dinding penahan aliran sungai dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengendalian banjir sendiri dan meninggalkan adanya banjir yang telah  terjadi. Perlindungan tanggul sangat dibutuhkan untuk mengendalikan pergerakan air pada daerah terbatas untuk mencegah banjir dan kerusakan-kerusakan yang terjadi di daerah tempat tanggul tersebut berada.

Adapun keseimbangan  yang akan diberikan jika terdapat tanggul yaitu tanggul sebagai pengendali banjir yang berbiaya rendah. Dapat dikatakan sebagai biaya rendah karena, tanggul ini tetap bertahan dalam beberapa tahun tanpa menggati setiap tahunnya dan dibuat dengan bahan-bahan material yang sangat menguntungkan. Tanggul juga berperan sebagai pencegah kerusakan sarana prasarana buatan manusia yang terdapat pada alam sendiri. Alam mampu memberikan suatu hal yang berguna bagi keindahan alam yang diberikan.

Tanggul juga sebagai penahan erosi air, yang merupakan suatu pemindahan tanah dari permukaan terbuka yang disebabkan oleh arus air deras termasuk aliran permukaan yang berasal dari curah hujan tinggi. Akibat dari derasnya air ini menjadikan erosi yang beruntun dan mengakibatkan terjadinya kesenjangan alam salah satunya erosi. Selain erosi air, kerusakan alam yang terjadi jika tidak ada tanggul yaitu erosi tanah.

Erosi tanah dapat merusak dan memindahkan tanah sebagian ataupun seluruhnya. Kerusakan ini akan terjadi terutama pada daerah yang banyak turun hujan. Proses perpindahan ataupun pergerakan tanah dari sungai ini sangat berbahaya jika hanya dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, tanggul sebagai penahan mampu meninggalkan kejadikan yang dapat merugikan berbagai tatanan alam yang telah tersedia. Keseimbangan tanggul dalam mencegah terjadinya kerusakan alam ini sangat dibutuhkan oleh manusia. (Irda Putri Setianingsih/PBSI STKIPPGRI Pacitan)


Publisher: Praabangkaranews Media Group

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.