Sekilas Tentang Brigadir Jenderal Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum

PEWARTA_NUSANTARA | JAKARTA - Bapak baru dalam kehidupan Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, tanggal 12 Pebruari 2020, mendapatkan kenaikan pangkat dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigadir Jenderal, berdasarkan  surat telegram bernomor STR/6/II/KEP./2020.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/385/II/KEP/2020 tertanggal 3 Februari 2020. Kombes Pol. Zainal A. Paliwang akan kembali mengabdi di pusat, yakni Bareskrim Mabes Polri dengan jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II.  

Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, mendapatkan kenaikan pangkat pada hari Kamis 13 Februari 2020 tadi, yang upacara kenaikan pangkat ini digelar di Rupattama Mabes Polri yang dimpimpin Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sejak saat itulah Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, yang sebelumnya berpangkat Kombes Pol, naik satu tingkat menjadi Brigadir Jenderal Polisi.

ZAP biasa dipanggil,  bersama istrinya Hj. Rahmawati, S.H dan dikarunia 3 orang anak.   Anak pertama Nofandi yang saat ini berprofesi seperti ayahnya  sebagai Anggota Polri di Samarinda, sementara anak kedua Raspidandi memilih profesi sebagai  pengusaha, dan paling bungsu adalah Zarah yang masih kuliah di Bina Nusantara  BSD Tangerang Banten.

Zainal A. Paliwang semua olahraga digemari yaitu;  Basket, Sepak bola, Bola Volly, Karate, Pencak Silat dan lain-lain.  Selain itu juga darah seni mengalir,  bisa memainkan beberapa alat musik, bahkan terompet cukup piawai dimainkan.  Bakat seni sudah nampak  sejak remaja sudah menorehkan prestasi dan sempat menjadi salah satu wakil seni daerah tradisional asal Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dikirim ke Ibukota Jakarta. Selain itu juga pandai memasak mulai makanan berat maupun ringan. Hobi dan kegemarannya melangkapi profesi Sang Jenderal yang kini bertugas di Bareskrim Polri Jakarta.

Baca Juga: Prabangkaranews Media Group

Awal karier di Kepolisian,  tahun 1982 dengan masuk Akademi Kepolisian di Makassar selama 4 tahun “Z Zainal A. Paliwang  tempuh tahun 1986 lulus.  Setelah lulus dari kepolisian bertugas  bertugas di daerah;  Sulawesi, Jogjakarta, Jawa Barat, NTB, Bali, Riau dan Aceh.

Pengalaman yang paling berharga bagi  Zainal A. Paliwang (ZAP), ketika bertugas di  Aceh masih dalam kondisi konflik hingga menjelang referendum. ZAP  harus menghadapi berbagai karakter penduduk lokal yang menginginkan kemerdekaan, lalu dihadapkan dengan gesekan dengan aparat.  Bahkan, sempat beberapa kali suasana mencekam dan diberondong dengan peluru dan lainnya.

Sebelum menjabat di Bareskrim, Zainal A. Paliwang (ZAP) bertugas di propinsi termuda Kalimantan Utara.  It Saat menjadi Wakapolda Kaltara banyak pengalaman yang berharga yang didapatkan di Kaltara Propinsi termuda di Indonesia.  Kalimantan Utara dengan 4 Kabupaten dan 1 Kota memiliki ciri khas tersendiri dengan keunggulan tiap kabupaten dan kota di Kalimantan Utara.  

Kaltara wilayahnya yang sangat luas, bahkan memiliki wilayah perbatasan negara Malaysia.  Kaltara  menjadi gerbang atau menjadi etalase Negara Kesatuan Republik Indonesia dihadapan Negara Malaysia dengan wilayah  Entikong yang sudah dibangun dengan  cukup baik itu.  Kalimantan Utara memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup berlimpah. Namun, belum dikelola secara maksimal seperti minyak, gas, tambang batubara dan mineral.

Publisher: Prabangkaranews Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer