Semua Komponen Berusaha Penyaluran BLT-DD Tahap I Di Kabupaten Pacitan Berjalan Sukses dan Tepat Sasaran

Agoeshendriyanto.com - Pacitan - Dampak negatif pandemi Covid-19 telah menjalar ke berbagai bidang kehidupan baik ekonomi, agama, sosial, maupun pendidikan. Dari bidang ekonomi dapat dilihat semakin banyaknya jumlah pengangguran dan meningkatnya jumlah warga yang hidup dalam kemiskinan. 

Untuk mengatasi masalah ekonomi dan tetap menjaga daya beli masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah sampai pada pemeritah desa berusaha memberi bantuan dalam berbagai skema, salah satunya adalah dengan program BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa). BLT-DD diprogramkan oleh  KEMENDES PDTT dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di seluruh Indonesia.

Adapun sasaran masyarakat yang menerima BLT-DD adalah masyarakat miskin yang  terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang belum mendapatkan bantuan dari skema Jaring Pengaman Sosial dari APBN, keluarga miskin Non-DTKS yang sesuai dengan Perbup N0.36/2016, keluarga miskin yang kehilangan matapencaharian, dan masyarakat yang miskin yang mempunyai penyakit kronis.

Semua pihak yang terlibat di dalam proses realisasi harus bersinergi agar BLT-DD dapat tepat sasaran. Salah satu pihak yang mempunyai peranan agar penyaluran BLT-DD tepat sasaran adalah Pendamping Desa.

Para pendamping desa di Kabupaten Pacitan mengikuti berbagai tahapan dalam rangka realisasi BLT-DD kepada masyarakat sasaran. Proses yang diikuti antara lain tahap sosialisasi adanya program BLT-DD, Musdes khusus, dan proses pencairan serta pelaporan. Di Kabupaten Pacitan terdapat hampir 30 pendamping desa yang tersebar di 12 kecamatan yang ada. 


Imam Bukhori salah satu pendamping desa yang bertugas di Kecamatan Arjosari menyatakan bahwa semua pendamping desa berkewajiban mendampingi berbagai kegiatan di desa dan tak terkecuali program penyaluran BLT-DD pada saat pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, para pendamping desa juga dituntut mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak baik unsur pemerintah, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat agar program BLT-DD bisa diterima oleh semua pihak.

“Kami melakukan pendampingan mulai dari proses sosialisasi, melaksanakan musdes, dan tahap pencairan. Alhamdulilah pelaksanaan penyaluran BLT-DD di Kabupaten Pacitan, khususnya di Kecamatan Arjosari dapat berjalan lancar dan mudah-mudahan sesuai regulasi yang ada serta bisa memberi manfaat bagi warga masyarakat miskin yang menerima”, ungkap Imam Bukhori saat ditemui Prabangkaranews di sela-sela mendampingi pencairan BLT-DD di salah satu desa di Kecamatan Arjosari.

Pada kesempatan tersebut Imam Bukhori juga menyampaikan apresiasi pada pemerintah desa dampingannya yang telah menyalurkan BLT-DD  bagi warganya secara tepat waktu serta berbagaipihak yang telah mendukung kerja para pendamping desa.

"Dia juga berharap semua pihak bisa terus bersinergi dalam menyukseskan berbagai program desa yang ada khususnya penyaluran BLT-DD sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat program yang ada,"pungkasnya (redaksi/Bkt/2020)

Publisher: Prabangkaranews Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer