Konsistensi Satgas Bremoro dalam Mencerdaskan Anak-Anak di Perbatasan Saat Pandemi Covid-19



PEWARTA_NUSANTARA || JAYAPURA - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro Pos Koya Koso membuka Kelas Lapangan dalam upaya tetap memelihara pendidikan anak Papua di Wilayah Perbatasan RI-PNG. Jayapura, (23/07/20)

Dampak Pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya dirasakan bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Berita yang pada umumnya meliput beberapa kota ternama di Indonesia seolah menganggap bahwa Pandemi Covid-19 ini hanya ada di wilayah tersebut.

Namun pernahkah kita melihat bagaimana dampak Pandemi Covid-19 terhadap masyarakat di Perbatasan? Khususnya anak-anak di perbatasan.

Ternyata Covid-19 ini juga membawa dampak besar bagi mereka yang tinggal di batas negara RI-PNG. Apalagi dampaknya terhadap  bidang pendidikan,  anak-anak sekolah sampai saat ini sama dengan yang ada di walayah Indonesia,  mereka belum juga mendapatkan pelajaran  di tahun ajaran baru 2020/2021.



Bedanya, jika di kota ataupun wilayah yang sudah ada jaringan internet, mereka diberikan kelas online. Namun bagaimana dengan anak-anak Papua? Ya, mereka hanya berdiam di rumah saja sesekali sambil bermain dengan rekan sebaya.

Melihat kondisi itu, Dansatgas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuryanto S.H., M.Han memerintahkan seluruh Jajaran agar memberikan pendidikan secara terbatas kepada anak-anak tunas bangsa. "Pendidikan yang kita berikan mungkin tidak selengkap seperti di sekolah, namun salah satu upaya memelihara kualitas pendidikannya, kita buat kelas lapangan di masing-masing Po," ujar orang nomor satu di Satuan Tugas tersebut.

Perintah tersebut langsung direspon oleh salah satu Pos   Koya Koso.  Pos yang dipimpin  oleh Serka Hendrik Niko pun melaksanakan tugas dengan menggelar kelas untuk anak-anak yang belum mendapatkan pelajaran di sekolah.  Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Kampung Kukup Distrik Koya Koso sebagai langkah awal dalam upaya penanganan pendidikan anak-anak di wilayah perbatasan.

Autentikasi : Lettu Arm Lulu Yulandara
Papen Yonif 413/Bremoro

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.