Pangdam XVIII/Kasuari Berkunjung ke Satuan BKO "Kalian Berada Disini Harus Dicintai Masyarakat"



PEWARTA_NUSANTARA | Teluk Wondama - Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.,  Hari Jumat (10/7/2020) pagi dihadapan para prajurit Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodim Persiapan yang mendapat wilayah penugasan di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Pangdam dalam pengarahannya, "kalian berasal dari seluruh Indonesia datang ke sini, membawa banyak pengalaman dari tempat asal masing-masing. Berikan contoh kepada masyarakat, sebagaimana yang tercantum dalam 8 Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”.

"Kita juga harus menjadi contoh dan teladan kepada masyarakat setempat. Jangan kita sakiti masyarakat sehingga masyarakat mencintai TNI, khususnya TNI Angkatan Darat. Jangan sampai terjadi penolakan masyarakat, jadi kalian berada disini harus dicintai oleh masyarakat,"tegas Pangdam Kasuari

Dalam kunjungannya ke Teluk Wondama Pangdam Kasuari selain didampingi Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ny. Retno Ali Hamdan Bogra, turut serta Kapoksahli Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, Asops Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., dan Aster Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan.

Lebih lanjut dikatakan Mayjen Ali Hamdan Bogra," kedatangan Satuan BKO ke Kabupaten Teluk Wondama adalah untuk melaksanakan tugas teritorial membantu Kodam XVIII/Kasuari dalam rangka mempersiapkan wilayah yang nantinya akan didirikan Kodim definitif yg memiliki tugas untuk melaksanakan Pembinaan Teritorial di Wilayah.

Tidak lupa orang nomer satu di Kodam XVIII/Kasuari ini mengucapkan terima kasih atas keberadaan para prajurit yang datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menjalani tugas sebagai Satuan BKO Kodim Persiapan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

“Saya juga berterima kasih kalian sudah berada di sini membantu Kodam XVIII/Kasuari untuk membina masyarakat di sini melakukan kegiatan-kegiatan teritorial. Selama kalian berada di sini, harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Danramil karena di sini belum ada Kodim," ucap Pangdam Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Menurutnya, tugas-tugas teritorial yang paling banyak dilakukan di wilayah tugas sebagai Satuan BKO adalah Bakti Sosial guna membantu masyarakat di daerah bersama Aparat Pemerintah dan segenap komponen masyarakat.

"Kita juga sedang terus berusaha, bagaimana ke depan di sini akan menjadi Kodim,” ucapnya.

Pangdam merasa bersemangat sekaligus bersyukur melihat para prajurit yang di BKO-kan ke Kodam XVIII/Kasuari ini dalam kondisi sehat walafiat.

"Saya semangat melihat kalian. Saya sangat bersyukur kalian masih sehat-sehat. Jaga kesehatan kalian, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, apalagi sekarang adalah musim Covid-19. Jadi kita harus jaga diri. Usahakan minum minuman yang memberikan imunitas yang bagus, seperti jahe, kunyit, dan lain sebagainya,” pesan Pangdam XVIII/kasuari.

Terkait itu, masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman, seperti jahe dan kunyit.

“Apabila kalian tanam, ajarkanlah kepada masyarakat, berkaitan dengan cara budi daya menanam tanaman 'apotek hidup' untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saudara datang dari jauh-jauh dari seluruh penjuru Nusantara, untuk memberikan contoh kepada masyarakat kita di sini yang jauh dari kota. Mereka banyak yang belum mengenal tentang bagaimana bercocok tanam dan lain sebagainya,” kata Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Dirinya juga berpesan agar kebiasaan yang baik dan budaya dari masing-masing daerah asal personel Satgas, harus ditunjukkan di daerah penugasan dalam beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan yang ada.



“Dengan demikian, nantinya masyarakat akan dapat melihat bahwa dari Sulawesi, Jawa, dan Bali, serta Kalimantan mempunyai tata krama yang berbeda-beda namun dalam satu kesatuan  budaya nusantara. Jadi kita tunjukkan yang terbaik, itulah Angkatan Darat, berbeda-beda tetapi tetap satu," ujar Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.

"Apabila ada yang ingin menjadi anggota organik Kodam XVIII/Kasuari, silahkan mendaftarkan diri melalui Kodim setempat dan nanti akan kita proses kepada Kodam-Kodam asal kalian masing-masing,” tambahnya.

Selain bertatap muka dengan para Prajurit Satuan BKO, Pangdam beserta rombongan dari Kodam XVIII/Kasuari juga berkunjung ke Kantor Bupati Teluk Wondama, yang disambut langsung oleh Bupati Teluk Wondama Drs. Bernandus Imburi beserta Forkopimda Kabupaten Teluk Wondama.

Pada kesempatan kunjungannya kali ini, Pangdam dan rombongan sekaligus melihat dari dekat lokasi pembangunan Kodim Persiapan Teluk Wondama yang berada di Kampung Tandia, Distrik Rasiei.(Letkol Inf Ertoto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer