Simak ! Budidaya Pepaya California

PEWARTA_NUSANTARA| PACITAN - Kali ini redaksi akan menulis budidaya Pepaya California yang mempunyai umur yang genjah dengan daging tebal manis. Tanaman Pepaya yang memiliki nama latin (Carica Papaya L) merupakan tanaman yang berasal dari Meksico bagian selatan dan Nikaragua. Kemudian tanaman papaya meluas dan dibudidayakan di Negara-negara tropis termasuk Indonesia.

Tanaman pepaya California  memang gampang tumbuh, dengan media tanah berhumus campur pasir, cukup sinar matahari dan drainase baik, tanaman pepaya dapat tumbuh subur. Untuk wilayah di lereng pegunungan dengan tanah humus campur pasir dengan drainase cukup baik.  Tanaman pepaya membutuhkan air yang cukup untuk vase vegetatif atau pertumbuhan umur 1-8 bulan.  Selain itu untuk vase generatif juga membutuhkan cukup air. 

Tanaman pepaya california dapat tumbuh baik pada lahan terbuka (Full fotosintesis), sehingga tidak maksimal hasilnya jika ditanam sebagai tanaman sela.  Selain itu juga untuk  PH tanah antara 6 – 7, suhu berkisar antara  25-30 derajat celsius.  Kelembaban udara 40 %. Ketinggian 300-1000 mdpl dengan curah hujan 1000-2000 mm/tahun.

Produktifitas Pepaya California

Pepaya California masa panen yang cukup singkat 7 – 9 bulan, sehingga morfologi batang yang lebih pendek dibanding dengan jenis pepaya yang lain. Dari buah pepaya California memiliki ciri-ciri  berukuran 0,8 – 2 kg/buah, berkulit tebal, berbentuk lonjong buah matang berwarna kuning, rasanya manis, daging buah kenyal dan tebal.

Pepaya California memiliki produktifitas yang cukup tinggi. Ketika berumur 7 bulan – 9 bulan dengan umur produktifitas hingga 4 tahun. Untuk setiap bulan bisa panen empat kali. Sekali panen setiap pohon papaya California dapat menghasilkan 2 hingga 3 buah dengan sekali panen setiap minggu bisa mencapai berkisar 1,9 hingga 3,6 ton per hektar. Harga di pasaran untuk yang sudah masak di pasaran sekitar 10.000,-.. 

Bagaimana Cara Penyemaian Benih Pepaya California

Bibit pepaya California dihasilkan dari penyemaian biji. Bisa didapat dari buah pepaya California yang matang dipohon atau beli di toko pertanian.

Berikut ini langkah-langkah menyemai benih pepaya California :

  1. Biji yang akan digunakan untuk benih direndam dalam air selama semalam. Bisa ditambahkan dengan garam. Setelah semalaman cek benih, yang digunakan untuk benih adalah yang tenggelam. Hampir sama dengan perlakuan benih padi.
  2. Biji yang sudah dipilih setelah direndan.  Kemudian diperam dalam kertas koran/kain basah selama seminggu.  Selama satu minggu proses tersebut dijaga kelambabannya. 
  3.  Benih yang sudah diperam selama 1 minggu, dilihat apakah sudah tumbuh tunas.  Jika belum satu minggu dan sudah tumbuh tunas, sudah siap untuk disemai didalam polibag, komposisi media tanam yang digunakan adalah tanah halus dan kompos dengan perbandingan 2:1
  4. Bibit siap ditanam di lahan budidaya ketika sudah berumur 1- 1,5 bulan.

 Penanaman Bibit Pepaya California

Sebelum melakukan penanaman bibit lahan terlebih dahulu dibersihkan dari rumput liar. Kemudian  buat lubang tanam dengan jarak antar tanaman 2,5 m x 2,5 m atau 2,5 m x 2,75 m. Untuk penanaman jika curah hujannya sepanjang tahun tinggi dan drainasenya cukup baik bulan apa saja bisa dilakukan penanaman.  Penanaman bibit pepaya california membutuhkan air yang cukup.

Selain hal tersebut populasi tanaman per hektar antara 1.450 hingga 1.600 pohon. Lubang berikan campuran tanah dan pupuk kandang, sebelum bibit ditanam.

Memang untuk budidaya Pepaya California harus direncanakan dengan baik agar modal investasi bisa balik modal. 

Lubang yang sudah dibuat dan diberikan campuran tanah dan pupuk kandang, selanjutnya dialiri dengan air. Kemudian  bibit bisa ditanam langsung ke lubang tanaman. Waktu yang paling tepat dalam menanam bibit pepaya California adalah di waktu sore hari.

Pemeliharaan Tanaman Pepaya California

Langkah-langkah perawatan tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Hanya perlu dilakukan penyiraman, pemupukan dan penyulaman ketika ada bibit yang mati. Untuk mendapatkan produktifitas yang maksimal pemupukan harus dilakukan baik dengan pupuk organik maupun pupuk non organik.

Pemupukan dilakukan ketika penanaman dengan memberi pupuk kandang atau pupuk kompos dengan takaran 40kg/ tanaman. Pemupukan dilakukan kembali dengan menggunakan pupuk NPK setenah bibit berumur 2 minggu dengan takaran  200 gram/pohon.

Pemupukan dilakukan kembali dengan pupuk kandang dan NPK per tiga bulan sekali dengan takaran 500 gr NPK/pohon + 40 kg pupuk kandang/pohon. Khusus setelah tanaman berbuah bisa ditambah pupuk KCI untuk meningkatkan ketahanan  dan kemanisan buah. Pemupukan sangat diperlukan untuk menjaga produktifitas Pepaya California sampai bertahan  4 tahun. 

Pemeliharaan sangat simpel sekali namun yang perlu dipikirkan untuk memulai usaha pemasaran dari pepaya california.  Jangan sampai saat musim panen bingung untuk menjualnya.  Survei dulu kebutuhan pepaya di suatu wilayah baru merencanakan berapa luasan lahan yang akan dibudidayakan.  Jangan sampai pada saat masa panen tiba harga sangat rendah sekali sehingga akan mengganggu konsentrasi saudara dalam pemeliharaan pepaya california.

Panen dan Pasca Panen Pepaya California

Masa panen pertama bisa dilakukan diumur antara 7-9 bulan. Buah pepaya California yang sudah dapat dipanen adalah yang sudah matang dengan tanda ada warna semburat kuning pada kulit buah. Untuk panen dilakukan dengan cara memotong tangkai buah, untuk periode tanam bisa dilakukan setiap 10 hari sekali.

Penulis: Agoes Hendriyanto, S.P., M.Pd (Ketua Komunitas Pengembangan Sosial Budaya)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer