Bupati Serahkan Remisi HUT Kemerdekaan kepada 39 Napi Rutan Kelas IIB Pacitan

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Bupati Indartato menyerahkan remisi umum (pengurangan masa tahanan) kepada warga binaan di rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Pacitan. Sebanyak 39 narapidana yang telah memenuhi syarat dan ketentuan, berkesempatan mendapatkan keringanan hukuman tepat di hari kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia.

Dari 39 narapidana yang mendapatkan remisi, 8 diantaranya langsung bebas dan bisa bertemu keluarga. Selain memenuhi syarat remisi mereka juga memenuhi ketentuan program asimilasi dirumah.Sedangkan yang lain mendapat pengurangan masa tahanan antara 1 hingga 5 bulan. Menurut bupati, pemberian remisi ini merupakan bentuk jaminan negara terhadap hak setiap warga termasuk mereka yang tengah menjalani hukuman.

“Saya berharap narapidana yang mendapatkan asimilasi dan bebas untuk memanfaatkan haknya dengan baik saat kembali ke masyarakat”, kata bupati, Senin (17/08/2020).

Rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Pacitan sendiri menurut Kalapas Eko Ari Wibowo saat ini menampung 74 warga binaan, 13 diantaranya adalah tahanan titipan. Selama dalam tahanan para narapidana mendapatkan pembinaan dan beragam keterampilan. Baik melalui program kepribadian maupun program kemandirian.

“Mereka harus tetap kita perhatikan karena penjara hanya membatasi kebebasan mereka tetapi tidak dengan kreatifitasnya”, kata Eko.

Kalapas berharap dengan bekal yang diperoleh selama menghuni rumah tahanan akan menjadikan mereka lebih baik dan berdaya. Narapidana hanyalah mereka yang tersesat namun masih punya kesempatan untuk bertobat. (Rizky/Luky/arif/HumasPacitan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.