Anggota Korem 081/DSJ Dengarkan Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEWARTA_NUSANTARA || MADIUN - Secara virtual, ratusan Prajurit TNI dan PNS Korem 081/DSJ mendengarkan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem Anwar Makarim, bertempat di Aula Jenderal Sudirman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (1/10/2020).

Mengawali pidatonya, Mendikbud mengajak pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini, dapat dijadikan momentum untuk merefleksi diri.

Terkait Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, ia menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk lebih mengenal arti Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan makna di setiap silanya.

Ia mengungkapkan, di masa pandemi seperti sekarang mungkin terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda. Karena pandemi ini, kita secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan krisis pembelajaran.

Tetapi menurutnya, di saat sulit seperti ini, sila-sila Pancasila justru terlihat jelas mendarah daging di masyarakat kita.

“Kalau kita melihat sekeliling kita dengan lebih peka, kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan di lingkungannya masing-masing,” terangnya.

Lebih lanjut menurutnya, pada hari ini kita juga mengingat sejarah akan betapa besarnya pengorbanan nenek moyang kita untuk bangsa ini.

“Dan kalau kita melihat dengan seksama, kita bisa menyadari bahwa Kesaktian Pancasila terus mendarah daging di generasi kita. Di masa krisis seperti ini, lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana dan menguji ketangguhan kita sebagai rakyat Indonesia,” tambahnya.

Untuk itu di akhir pidatonya, Mendikbud meminta agar Pancasila yang sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa dilakukan bagi sesama.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.