NILAI LUHUR DALAM OLAHRAGA TRADISIONAL BROJO GENI PONDOK PESANTREN TREMAS KECAMATAN ARJOSARI KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR

NILAI LUHUR DALAM OLAHRAGA TRADISIONAL BROJO GENI

PONDOK PESANTREN TREMAS KECAMATAN ARJOSARI KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR

Bakti Sutopo1

Agoes Hendriyanto2

E-mail: bakti080980@yahoo.co.id

1,2Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP PGRI Pacitan

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah mengungkap nilai luhur yang ada di dalam olahraga tradisional “Brojo Geni”.  Perkembangan teknologi kini seringkali menepikan keberadaan produk budaya yang berbasis tradisional. Salah satunya yang mulai dilupakan oleh generasi sekarang adalah olahraga tradisional yang dulu berkembang di berbagai kelompok masyarakat. Padahal di dalam olahraga tradisional tersebut berbagai nilai luhur yang bermanfaat dalam kehidupan. Salah satu olahraga tradisional perlu dilestarikan dan yang dikenal oleh masyarakat adalah “Brojo Geni”. Dalam “Brojo Geni” terdapat berbagai nilai luhur yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya. Oleh karena itu, pada penelitian ini “Brojo Geni” sebagai objek materialnya. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bentuk olahraga tradisional “Brojo Geni” dan berbagai macam nilai luhur yang ada di dalamnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Analsis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, kegiatan analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

 

Penelitian menunjukan bahwa “Brojo Geni” sebagai olahraga tradisional yang  diwarisan secara turun-menurun dan sebagai olahraga yang khas serta Ponpes Tremas sebagai kelompok utama masyarakat  yang menjaga kelestarian tersebut dengan dibuktikan terdapat penyelenggaraan yang rutin dan sistematis pada setiap tahunnya. “Brojo Geni” bukan sekadar olahraga melainkan di dalamnya terdapat penanaman luhur pada manusia secara umum dan khusunya pada pemain olahraga ini. Nilai luhur yang identik dengan olahraga tradisional “Brojo Geni” antara lain kepedulian terhadap sesama manusia, ajaran tentang pengendalian hawa nafsu, mendidik sifat selalu rendah hati, megajarkan sikap objektif menjalanii kehidupan, dan selalu menanamkan manusia agar mengingat serta menyembah pada Yang Maha Kuasa sekaligus ingat ada kehidupan setelah kematian. 

 

Kata kunci: Nilai luhur, Tradisional, Brojo Geni, Dakwah, Karakter

 

ARTIKEL ILMIAH 

 


VIDEO BROJO GENI TREMAS PACITAN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer