Petani Gagal Panen, Pemkab Pacitan Salurkan Bantuan Cadangan Pangan

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pangan Kabupaten Pacitan memberikan bantuan beras kepada masyarakat petani di Desa Banjarjo Kecamatan Kebonagung yang terdampak gagal panen. Bantuan cadangan pangan tersebut diberikan kepada 735 jiwa dari 209 kepala keluarga (KK) dengan total bantuan sebanyak 3 ton lebih beras.

“Bantuan ini untuk meringankan beban petani yang musim kemarin mengalami gagal panen”, kata Bupati Indartato, Selasa (29/09/2020).

Pemerintah melalui Dinas pangan lanjut Bupati Pacitan, telah mengantisipasi menyiapkan cadangan pangan untuk kejadian-kejadian tak terduga semisal gagal panen. Sampai saat ini total cadangan pangan yang tersedia sebanyak 47 ton beras.

“Bantuan semacam ini akan kita berikan menyeluruh se Kabupaten Pacitan melalui laporan kepala desa dilanjutkan ke kecamatan dan Dinas Pangan”, ujar  Bupati Indartato.

Kepada petani bupati mengungkapkan keprihatinan karena ditengah ancaman pandemi Covid 19 petani harus menerima kenyataan gagal panen. Namun demikian, orang nomor satu di Pacitan itu minta para petani tidak patah semangat. Pemerintah sendiri akan membantu baik melalui pendampingan petugas penyuluh lapangan maupun pemenuhan sarana dan prasarana pertanian.

“Petani harus belajar dan mengamati jenis varian padi yang cocok dan tahan hama karena ekosistem alam yang mulai berubah ubah”, imbau Kepala Dinas Pertanian Bambang Supriyoko.

Penyaluran bantuan beras cadangan pangan kepada petani terdampak gagl panen diserahkan langsung Bupati Indartato. Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda), Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Plt Kepala Dinas Pangan dan Kepala Dinas Pertanian. (Rizky/Luky/Arif/HumasPacitan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.