Wisata Pemancingan Alam di Bawah Jembatan Pengasinan Tonjong Brebes


PEWARTA_NUSANTARA || Brebes – Publikasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, juga mengangkat destinasi wisata lokal di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yaitu Jembatan Pengasinan.

Dijelaskan Sertu Ali Mahfur, Babinsa setempat dari Koramil 08 Bumiayu, yang merupakan warga setempat sekaligus Ketua Pokdarwis Kampoeng Poerba Galuh Timur, bahwa Jembatan Pengasinan terletak di perbatasan antara Dusun Makamdawa, Desa Galuh Timur, dengan Dukuh Karang Jongkeng, Desa/Kecamatan Tonjong.

“Jembatan di atas Kali Glagah ini dibangun tahun 2016 silam dengan Dana Desa Galuh Timur. Jembatan ini hanya dapat dilalui pejalan kali saja karena jalannya terjal, licin, dan setapak,” bebernya, Minggu (27/9/2020).

Dijelaskannya lanjut, kebanyakan warga yang melintas adalah petani antar dua pedukuhan tersebut, dan anak-anak sekolah dari Dukuh Makam Dawa ke Desa Tonjong.

“Tempat wisata lokal ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama 15 menit 2 kilometer dari Dukuh Makam Dawa. Sebaliknya, yaitu jalan kali selama 5-10 menit sejauh 1 kilometer dari Dukuh Karang Jongkeng, Desa Tonjong,” tandasnya.

Untuk konstruksi jembatan yang berada di areal Hutan Perhutani Tonjong ini adalah panjang 20 meter, lebar 1,2 meter, dan ketinggian antara 10-15 meter.

Ditambahkannya, sebelum pandemi covid banyak wisatawan lokal banyak yang berkunjung, terutama muda-mudi dan juga para pemancing, karena air di Kali Glagah tidak pernah kering meskipun musim kemarau panjang. Untuk ikan yang hidup di sungai tersebut meliputi wader, lele, nila, dan ikan ekor merah. (Aan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.