Gotong Royong Masyarakat Desa Dersono, Saat Tanam Padi

 

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN -  Saat ini para petani di Desa Dersono mulai menanam padi di ladang milik mereka. Karena mayoritas di desa ini para petani masih menggunakan sistem tadah hujan, mereka baru mulai bercocok tanam pada saat musim hujan tiba. Mereka sepenuhnya mengandalkan hujan sebagai sumber pengairan di ladang milik mereka.

Para petani menanam padi dengan berbagai metode, ada yang menggunakan metode taju dan juga metode menggaru. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu para petani disini juga menanam berbagai varietas padi, di antaranya adalah slegreng, situ bagendit, IR64, ciherang, dan sriputih. Dari kesemua jenis padi tersebut memiliki karakteristik masing-masing.

Tahapan-tahapan dalam menanam padi di lahan tadah hujan tidaklah semudah menanam padi di lahan persawahan, di awali dengan pembersihan rumput-rumput dan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di lahan-lahan yang sebelumnya kosong, setelah itu tanah di cangkul agar bisa lebih mudah untuk ditanami, kemudian baru dilakukan penanaman bibit padi di lahan tersebut.

Rombongan warga di Dusun Krajan Kidul, Desa Dersono banyak yang mulai menanam padi di salah satu tempat yaitu Tlogo Kulon, para warga bergantian untuk membantu menanam padi di lahan tetangganya dan di hari yang lain mereka akan bergantian dibantu oleh orang yang telah di bantu sebelumnya.Rabu (28/10/2020).

"Warga disini masih menjunjung tinggi semangat gotong royong dan persaudaraan, jika hari ini saya melakukan penanaman padi maka akan banyak tetangga saya yang ikut membantu, dan di hari yang lain saya akan balas membantu mereka untuk menanam padi. Dengan begitu pekerjaan akan lebih ringan, serta memperkuat tali persaudaraan," kata Sutrisno.

Penanaman padi yang telah di lakukan akan dilanjutkan dengan proses pemupukan apabila padi sudah mulai tumbuh. Selain itu para petani juga harus membersihkan lahan mereka dari rumput liar agar tidak menganggu pertumbuhan padi milik mereka. Di lahan tadah hujan para petani bisa memanen padi pada usia 4-5 bulan setelah proses tanam. (Fian Wahyu Pamungkas)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.