Kebersamaan Warga Menyambut Perhelatan Pilkada Pacitan


PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Pos kampling sejak dulu menjadi tempat untuk saling bertemu warga sebagai ajang silaturahmi warga dalam rangka menjalin kebersamaan. Suasana terasa hidup, tanpa beban,   Pos Kampling menjadi saksi kebersamaan warga, RT 03, RW  IV Krajan, Sirnoboyo Pacitan, menyongsong Pilkada Pacitan laksanakan ronda malam. Senin, Jam 20.00 WIB  (23/11/2020). 

Kedewasaan dalam demokrasi, walaupun menghidupkan kembali ronda malam dalam rangka Pilkada Pacitan 9 Desember 2020.  Tidak seperti tahun-tahun yang lalu selalu menjadi topik perbincangan warga jika ada pilkades, pileg, pilgub, pilpres, dan pilkada saat menjelang hari-hari pencoblosan. 
 
Kondisi covid-19, warga tidak merapkan protokol kesehatan ini yang mungkin perlu perhatian.  Alasan mereka warga sudah dianggap keluarga sendiri, dan tidak ada yang mempunyai pekerjaan yang pergi ke luar kota. Sehingga protokol kesehatan pakai masker dan cuci tangan belum diperhatikan di pos ronda.
 
Namun mereka sudah terbiasa dan saling menjaga kebersamaan dan jalinan komunikasi sesama warga sehingga dalam kegiatan ronda malam tersebut tak  terdengar percakapan mereka berkaitan dengan pilkada Pacitan.  Mereka asyik dengan permaianannya tanpa kata yang mengusik pilkada yang sebentar lagi akan pilihan yaitu 09 Desember 2020.

Pembahasan yang menarik berkaitan dengan pertanian yang sedang trend di Pacitan, yaitu budidaya Pisang. 

Kirun biasa disebut, " pisang menjadi primadona di wilayah timur Pacitan, yang menggantikan tanaman sengon. Dengan harga 100.000 - 150.000 per tundun menjadi daya tarik untuk dibahas. Sehingga dia tertarik untuk menanamnya walaupun hanya 6 batang/lubang tanam.
 
 Usia 6 bulan tanaman pisang sudah bisa panen asal perawatannya bagus.  Oleh sebab  dalam waktu satu tahun satu lubang tanam bisa panen 2 kali. Musim hujan sangat tepat untuk menanam tanaman yang bisa menghasilkan produksi pengan menjadi topik yang sangat menarik, jika dibandingkan dengan Pilkada.  
 
Kebersamaan dengan aneka permainan setiap malam menjelang Pilkada Pacitan menjadi kegiatan rutinitas warga selama 2 minggu ke depan. Protokol kesehatan harus dipatuhi dan ditegakan bersama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer