Porang Rembang Menembus Pasar Vietnam

 

PEWARTA_NUSANTARA || Rembang  - Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) tengah santer dibicarakan masyarakat. Kisah sukses petani umbi, kini berhasil menjadi miliader berkat bisnisnya berskala ekspor. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, kebutuhan porang untuk ekspor mencapai 200 ton ditahun 2020.

Umbi porang mengandung zat glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami larut air dan biasa digunakan sebagai emulsifier dan pengental makanan. Porang digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, lem, dan jelly.


Pelepasan 15 ton porang dalam bentuk white konjac chip atau lempengan menuju pasar Vietnam. Kegiatan ekspor disaksikan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang. Melalui ekspor ini, petani Rembang diharapkan konsisten memberi sumbangsih perekonomian dari bidang pertanian.

"Porang salah satu komoditas pertanian bernilai tinggi dan masuk dalam program Gratieks," ungkap Parlin selaku Kepala Karantina Pertanian Semarang.

"Permintaan porang terus meningkat dengan tren harga yang terus mengalami kenaikan. Kita akan terus mendorong serta memfasilitasi sampai ekspor,” tutup Parlin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer