Putih Abu-Abu, By Irma Yunita


Oleh: Irma YUnita

Hari demi hari kini telah terlewatii waktu demi waktu silih berganti.Kini awal pertama Rara masuk SMK kebetulan Rara tidak sekelas dengan teman teman nya yang dari smp. Rara terpisah dengan teman temannya karena mereka beda jurusan dan juga beda kelas. Rara belum kenal betul dengan teman-teman barunya, Rara sedikit minder dengan apa yang ia miliki saat ini. Karena Rara anak dari keluarga yang kurang berada, Namun rasa minder itu hilang ketika Rara mengenal teman-teman nya yang baru itu....

Berhubung rumah Rara cukup jauh dari sekolah Rara pun kost ditempat guru SMP-nya dulu Rara disana bersama ke dua temannya yang dari SMPetapi mereka beda jurusan sewaktu masuk SMK. Hari ini tepat hari Senin, hari pertama Rara bersekolah.Rara pun berangkat ke sekolah...

Kringgggg...!!!!

Kringgggg...!!!

Kringgggg...!!!

Bell pun berbunyi waktunya masuk ke kelas masing-masing karena kelas sudah dibagi jadi Rara pun ke kelas nya... Rara sambil berjalan ke kelas sambil membayangkan betapa gelisahnya mempunyai teman baru dan belum saling kenal satu sama lain.

"Assalamualaikum...". Ucap Rara menyapa teman-temannya.

"Wa'alaikumsalam ...". Ucap salah satu teman nya.

Rara dan teman-teman pun akhirnya saling berkenalan.Rara pun menyapa salah satu teman nya yang sedang duduk sendiri...

"Hay nama kamu siapa..?". Sapa Rara.

"Iyaa,nama ku Risa ...". Jawab Risa.

"Boleh aku duduk disini..?". Tanya Rara.

" Boleh,sini sebangku sama aku saja..". Ucap Risa sambil tersenyum.

" Iya, terimakasih yaa..". Jawab Rara sambil duduk di samping Risa.

Dengan perasaan yang sangat bahagia Rara dan Risa pun saling berbincang-bincang, dan pada akhirnya mereka menjalin persahabatan. Risa adalah orang pertama yang Rara kenal di SMK,setelah berpisah dengan temannya karena beda jurusan.seminggu setelah itu mereka sangat akrab dengan teman sekelas dan saling mengenal satu sama lain. Kebetulan pada saat kelas 10 itu pelajaran nya banyak yang kelompok-kelompok kebetulan Rara dan Risa jadi satu kelompok tambah semangat mereka.

"Rara, kita jadi satu kelompok lagi yaa..". Ucap Risa.

" Iya, Ris.. Alhamdulillah ya kita jadi satu kelompok tambah semangat aku". Jawab Rara.

"Nanti pulang sekolah kamu langsung pulang?".tanya Risa.

"Iya aku langsung pulang, kenapa?". Jawab Rara.

"Yah kita ngak bisa ngobrol-ngobrol lagi". Ucap Risa sedih.

" Besok kan kita masih ketemu,soalnya nanti aku harus cepat-cepat pulang soalnya aku harus bantu-bantu ditempat ku kost". Kata Rara.

" Iya deh,ngakpapa..".Jawab Risa.

Setelah pulang sekolah Rara dan Risa berpisah, Risa pun juga kost karena rumah nya juga sangat jauh. Mereka baru saling kenal tapi sudah akrab seperti sudah lama kenal.risa pulang ke kosaan nya dan segera berganti pakaian dan makan siang lalu istirahat sebentar lalu membantu ibuk kost nya bersih-bersih dan juga masak. Setiap hari pun seperti itu, satu bulan pun telah terlewati......

"Ra...ngak nyangka ya kita sudah sebulan  sekolah disini". Kata Risa.

"Iya nih ngak kerasa yaa..".Sahut Rara.

"Kita nanti ada observasi ya dipantai.? Aku bareng sama kamu yaa.." kata Rara.

"Iya lah,sama aku ae.." jawab Risa dengan penuh semangat.

"Oke.!, Makasih yaa". sahut Rara.

"Iyaa biasa aja,santaii hehe..."  Ucap Risa sambil senyum-senyum.

Rara belum punya motor sendiri jadi pada saat ada acara Rara selalu ikut Risa,Risa pun selalu mengajak Rara,jadi mereka selalu bersama-sama setiap ada kegiatan kelas diluar ...mereka sudah seperti kakak beradik kemana mana selalu berdua. Beli tas pun mereka juga sama, modelnya sama warnanya pun sama.mereka pun tidak malu memakai seperti itu ke sekolah, selain seperti anak kembar mereka juga terlihat seperti masih anak SMP.Pagi itu mereka kesekolah memakai tas yang baru mereka beli sore kemarin...Risa selalu datang lebih awal dari pada Rara.

"Assalamualaikum..". Ucap Rara.

"Wa'alaikumsalam..". Jawab teman-teman.

" Cieee...tas nya baru nih, eh samaan yaa..?".Ucap salah satu temannya.

"Iyaa sama...".Jawab Rara agak malu.

"Risa,kalian saudara to.?". Tanya salah satu temannya.

"Engak,kok kita lagi kenal sama seperti kalian..hehe".Jawab Risa sambil tersenyum.

Rara pun menghampiri Risa,tidak lama kemudian Bell pun berbunyi ....

Kringgggg...!!!!

Kringgggg...!!!!

Kringgggg...!!!!

Mereka pun segera duduk dibangkunya masing-masing di  kelas,dan segera bersiap-siap menunggu bapak ibu guru datang, sambil menunggu mereka pun Berdoa dipimpin oleh ketua kelas. Sehabis itu tidak lama kemudian ibu guru datang dan segera memulai pelajarannya.Waktu demi waktu kini telah terlewati hari demi hari kini telah berganti,Rara pun kini mulai merasa tidak nyaman kost Rara ingin pulang ke rumahnya.Sewaktu pulang sekolah Rara dan Risa pulang bareng karena jalannya searah  dengan kosan mereka.Saat di jalan mereka ngobrol-ngobrol...

"Ris,kamu ngak pingin pulang apa.?". Tanya Rara.

"Pulang?, Pingin sih tapi gimana kita kan belum libur". Jawab Risa.

"Aku pingin pulang Ris,aku pingin sekolahnya dari rumah aja". Ucap Rara.

"Lho...kenapa?,". tanya Risa.

"Aku ngak nyaman dikost pingin pulang". Kata rara.

Dan pada akhirnya Rara pun memutuskan untuk pulang ke rumah nya dan tidak kost lagi meskipun ini berat tapi ya mau gimana lagi.Rara harus berpisah dengan kedua temannya yang satu kosan itu teman yang dari dulu selalu bersama-sama dari smp. Walaupun ini berat tapi ini keputusan Rara. Sore itu sepulang sekolah Rara langsung menelfon orang tua nya minta dijemput,karena Rara sudah tidak sabar lagi pulang kerumah.Satu bulan lebih Rara kost disana.

"Ibuk,aku mau pulang aku ngak mau disini.!!". Kata Rara sambil menangis.

"Lho.. kenapa? Ada masalah sama temanmu."  Tanya ibu pada Rara.

"Tidak buk, aku hanya ingin pulang. Aku ngak mau disini". Ucap Rara sambil menangis.

Sore itu pun ibuk nya datang bersama kakaknya menjemput Rara,dan sekalian pamit dengan ibuk kost.Rara pun pulang bersama ibuk nya kebetulan besok hari Minggu. Sejak hari itu Rara bersekolah dari rumah, karena Rara belum bisa bawa motor jadi berangkat ke sekolah Rara diantar kakaknya setiap hari Kini Rara setiap pagi harus berangkat lebih pagi supaya sesampainya di sekolah tidak terlambat. Rara selalu mampir ke kosan nya risa mereka setiap pagi berangkat bersama-sama. Sesampainya di sekolah mereka piket kebetulan hari ini jadwal piket nya risa.Rara membantu Risa menyapu ruangan kelas, begitu sebaliknya jika giliran piket nya Rara Risa selalu membantu,jadi pereka saling menguntungkan satu sama lain.

"Ayo aku piket.!!". ajak Risa.

"Iya ayo, aku bantu yaa...!". Ucap Rara.

"Oke,!". Jawab Risa semangat.

Mereka pun sesampainya di sekolah segera piket menyapu ruangan dan lain sebagainya.setelah selesai mereka cuci tangan dan istirahat sebentar sambil menunggu Bell masuk berbunyi.

"Huuufffttt...!!!, Capek juga ya". Ucap Risa.

"Iya nih,sampai keringetan aku". Jawab Rara.

"Maaf ya,gara-gara kamu bantuin aku kamu jadi capek". Kata risa.

"Iya santai aja, ngakpapa kok".jawab Rara.

Kringgggg..!!!

Bell pun berbunyi Waktu nya masuk mereka segera bersiap-siap.Waktu pun terus berjalan,mereka tetap saja apa-apa selalu bersama pada akhirnya mereka pun beli sepatu baru pun sama lagi.pagi hari waktu disekolah mereka berolahraga dan sepatunya pun dipakai berasa kayak orang kembar.

"Ya ampun,sama an lagi..!!". Ucap temannya heran.

"Hehe...iyaa". Jawab Risa malu-malu.

"Kaya anak kembar..". Sahut temannya yang lain.

Rara dan Risa tersenyum malu-malu,mereka pun berolahraga.Sepulang sekolah Rara menunggu dijemput kakaknya Rara di kosannya Risa sambil ngobrol-ngobrol dengan Risa.karena kakaknya lama jadi Rara dan Risa pun keluar sebenty untuk membeli makan siang,Sepulang dari beli makan kakaknya pun datang dan Rara pun pulang Risa kesepian ditinggal Rara pulang.

"Risa aku pulang yaa.!!!". Kata Rara.

"Yah.., aku jadi kesepian". Jawab Risa.

" Maaf yaa aku belum bisa temenin kamu". Kata Rara.

"Iya ngakpapa kok,"  ucap Risa.

"Daaa..!!!,aku pulang yaa...".  Ucap Rara.

"Iya Daaa, hati-hati ya...". Jawab Risa.

Risa pun merasa kesepian dikost.Risa sering telat makan dan jarang keluar Jika tidak ada teman yang mengajaknya.risa sering curhat ke Rara tentang yang ia alami dikost.Rara pun hanya bisa mendengar kan curhatan risa,dengan rasa sedih dan terharu melihat keadaan Risa selama di kost.karena jauh dari orang tua itu sangat lah tidak mudah.pasti banyak tantangan yang harus kita lalui.risa pun mencoba kuat dengan keadaan itu,dan bertahan sampai saat ini...

"Ra..!!!, Aku sedih". Ucap Risa dengan raut muka sedih.

"Kamu kenapa..?, Kamu sakit?". tanya Rara kaget.

"Engak aku ngak sakit,kemarin aku ngak makan Ra". Kata Risa sedih.

"Lho..,kok ngak makan kenapa?". Ucap Rara.

"Aku ngakpunya temen". Ucap Risa.

"Yaampun..,kok ngak bilang sama ibuk kost?,siapa tau mau anterin cari makan". kata Rara.

"Engak,aku ngak enak nanti ganggu'. Jawab Risa.

"Terus yang sekarang udah sarapan..?".Tanya Rara.

" Udah kok, tadi sekalian di ajak ibuk kost beli sarapan". Ucap Risa.

"Ya sudah bagus kalau gitu". Jawab Rara.

Mendengar cerita Risa Rara merasa kasian dengan keadaannya saat ini.waktu pun terus berjalan kini mereka sudah kelas 11,mereka kini semakin kompak apa apa suka nya samaan.berawal dari situ Rara ingin kost ditempat nya Risa karena Rara dan Risa sudah sangat aktif dalam pelajaran nya. Karena sebentar lagi akan prektek kerja lapangan jadi mereka banyak menghabiskan waktu disekolah untuk praktek-praktek persiapan untuk itu.beberapa hari kemudian rara kost di tempat Risa,Risa pun senang sekali akhirnya mereka selalu bersama-sama.mulai saat itulah mereka banyak menghabiskan waktu bersama.sampai pada waktunya praktek kerja lapangan telah tiba tetapi Rara dan Risa beda kelompok.

"Ris,besok kita ngak satu kelompok yaa". ucap rara kecewa.

"Iya nih". Jawab Risa agak kesal.

"Yasudah lah jangan sedih kan tempat kita masih dekat kan,iya kan?". kata Rara.

"Iya risa...". Ucap Risa.

"Sudah jangan gitu dong,Semangat...!!". Kata Rara.

Mereka pun mempersiapkan diri untuk melakukan PKL tersebut...Hari pertama mereka prakerin hanya mendengarkan penjelasan serta perintah-perintah dan tatacara pelaksanaan PKL tersebut serta memahami aturan-aturan yang ada di PKL tersebut.susah senang suka duka yang mereka alami selama PKL tersebut.Cukup banyak pengalaman-pengalaman yang mereka dapat selama PKL disana...

"Ra...!!,Gimana kamu PKL nya.?". Tanya Risa.

"Ya giman ris,mautidak mau ya harus kita jalani...". Ucap Rara.

"Iyaa,semangat yaa...!!!". kata Risa.

Pengalaman-pengalaman yang mereka dapat selama dipkl cukup banyak,mereka juga bisa belajar banyak hal dari pengalaman yang mereka dapat selama ini.Usai mereka PKL mereka kembali ke sekolah dan melanjutkan belajar lagi seperti biasa.

"Rara.. Alhamdulillah ya kita sudah kembali ke sekolah lagi." kata Risa.

"Iya Ris,aku juga banyak pengalaman yang aku dapat selama PKL". jawab Rara.

"Kita tingal beberapa bulan lagi ya" ucap Rara.

"Iya nih..berasa cepet yaa". Jawab Risa.

1  Minggu setelah mereka pulang dari PKL Kini Rara dan Risa kembali memulai pelajaran dan fokus memikirkan ujian.kini mereka sudah mulai bimbel,pagi-pagi mereka berangkat karena bimbelnya pagi.Setelah satu bulan lebih mereka sudah selesai bimbel kini mereka bersiap-siap untuk melaksanakan ujian nasional.

"Ra,kurang satu hari lagi kita akan ujian...!". kata Risa.

"Iya Ris,semangat yaa..". jawab Rara.

"Habis ini kita kelulusan pasti kita pisah deh".Ucap Risa.

"Udah jangan memikirkan itu,kita pikir aja ujian kita". kata Rara.

"Iya deh, oke". Jawa Risa.

Ujian nasional kini telah tiba Rara dan Risa sangat semangat mereka bangun lebih pagi untuk bersiap-siap.tetapi mereka beda sesi,jadi mereka berangkat tidak bisa barengan.ujian nasional pun dimulai.....dari mulainya ujian ini sampai akhir mereka tidak dikost mereka pulang dirumah masing-masing karena mereka kalau dirumah bisa fokus belajarnya.

"Rara..!!!,sini". kata Risa

"Ada apa.?,gimana td lancar?". jawab Rara.

"Iya Alhamdulillah lancar,eh kita sekarang jarang ngobrol- ngobrol yaa..". ucap Risa.

"Iya,kita selesaikan ujian dulu yaa". kata Rara.

"Iya oke,aku duluan ya 5 menit lagi mualai daaa...". Kata Rara.

"Iya daa, Semangat..!". jawab risa.

Mereka kini tinggal menghitung hari ...habis ini mereka banyak liburnya sambil menunggu pengumuman pastinya. Setelah ujian kini mereka binggung memikirkan masa depan harus lanjut kuliah apa bekerja. Dan saat yang ditunggu-tunggu kini telah tiba ya itu pengumuman kelulusan, dan Alhamdulillah mereka lulus semua.

"Alhamdulillah ya Ris kita lulus, "Kata Rara.

"Iya Alhamdulillah, aku senang sekali Ra," jawab rara.

Mereka sangat senang tetapi dibalik kesenangan itu mereka juga binggung mau melanjutkan kuliah apa bekerja.pendaftaran ditempat-tempat perkuliahan sudah dibuka rara belum kepikiran mau kuliah tetapi Risa sudah punya keinginan untuk kuliah,kini mereka berpisah mereka dirumahnya masing-masing. Mereka hanya bisa saling menyapa lewat WhatsApp,rara sedih tidak bisa bertemu dengan Risa begitu sebaliknya dengan Risa tidak bisa bertemu dengan rara.mereka bosan lama-lama libur dirumah.dan akhirnya Rara pun juga ikut melanjutkan kuliah satu tempat kuliah dengan Risa tetapi mereka kini beda jurusan tetapi masih satu kosan persahabatan mereka sampai sekarang masih terjalin sangat baik. Inilah kisah Rara dan Risa dalam sebuah seragam putih abu-abu.

(*) Mahasiswa PBSI STKIP PGRI Pacitan


Irma Yunita, Lahir di Pacitan, 21 Juli 2001. Alamat di RT.01/,RW.08 Dusun Mbrojo, Desa Tanjung Lor,  Kec.Ngadirojo Kab.pacitan. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan di STKIP PGRI PACITAN. Berasal dari keluarga yang sederhana,meskipun ia dari keluarga yang sederhana tetapi ia tetap berusaha melanjutkan ke perguruan tinggi. Saat ini ia Mengambil program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Keterampilan menulis adalah salah satu cara seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan fikiran dalam bentuk sebuah tulisan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.