Hasil Penilaian IKPA Merauke, Korem 174 Merauke Raih Peringkat 3 Dari 59 Satker

 

PEWARTA_NUSANTARA || JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk menilai serta upaya meningkatkan kinerja satuan, Korem 174 Merauke menggelar Rapat Evaluasi Program Kerja (Progja) dan Anggaran Tahun Anggaran 2020, yang berlangsung di Makorem 174 Merauke. Jum’at (18/12/2020).

Rapat Evaluasi Progja dan Anggaran dipimpin langsung oleh Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, pada rapat ini dihadiri juga Kasrem 174 Merauke Kolonel Inf Agustinus Deddy Prasetyo, para Kepala Seksi Kasrem 174 Merauke, para Dandim jajaran Korem 174 Merauke dan para pejabat pembuat komitmen.

Dalam sambutannya, Danrem 174 Merauke menyampaikan apresiasi kepada para Sub Satker yang telah menunjukkan kerja sama yang baik antara pengendalian pelaksanaan kegiatan, pengawasan pelaksanaan kegiatan dan kepala pelaksanaan kegiatan dalam mengendalikan pelaksanaan program kerja dan anggaran T.A. 2020. Sehingga dapat mencapai prestasi seperti saat ini.

Danrem 174 Merauke menyampaikan, secara garis besar pelaksanaan program kerja dan anggaran Korem 174 Merauke T.A. 2020 dapat dilaksanakan dengan baik, hingga awal Desember penyerapan anggaran mencapai 98,50 persen. Pencapaian tersebut adalah realisasi belanja pegawai, belanja barang dan belanja modal. (terkait anggaran).

“Gunakan forum ini sebagai sarana untuk komunikasi dan mengevaluasi persoalan Sub Satker khususnya terkait dengan pengakhiran rangkaian pelaksanaan Progja dan anggaran Tahun 2020 sehingga dapat meningkatkan penilaian IKPA Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), serta tingkatkan kualitas evaluasi pelaksanaan progja dan anggaran, agar hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja pada program tahun berikutnya”, tutur Danrem.

“Kepada para pejabat Sub Satker, agar masing-masing meningkatkan pengendalian dan koordinasi yang ketat agar realisasi penyerapan anggaran DIPA masing-masing Sub Satker dapat mencapai hasil yang optimal sebelum berakhirnya tahun anggaran 2020,” tegas Danrem.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara(KPPN) Kabupaten Merauke I Made Ambara Sugama menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bapak Danrem atas undangan yang diberikan kepada KPPN.

“Ini sangat luar biasa pada hari ini kami di undang ke tempat ini. Kami akan menjelaskan tentang IKPA dan indikator pelaksanaan kinerja anggaran sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2013 menjadi salah satu dari 13 indikator. Setiap Triwulan kami sebagai kuasa bendahara negara mempunyai program untuk menilai IKPA setiap satker untuk triwulan ketiga tahun 2020, ” tutur I Made Ambara

Dalam IKPA ini, KPPN Merauke menilai 95 Satker dan dibagi menjadi tiga kelompok dengan anggaran kelompok pertama 10 miliar, kelompok kedua 10 sampai 75 miliar, dan kelompok ketiga di atas 75 miliar, sementara itu Korem 174 Merauke menjadi kelompok yang ketiga jadi capaian nilai untuk Triwulan 3 tahun 2020.

“Capaian Korem 174 Merauke adalah 98, 97% nilai maksimum adalah 100 jadi begitu ketat persaingan dan kami ucapkan terima kasih untuk jajaran Korem 174 Merauke yang mempunyai komitmen yang sangat luar biasa untuk membenahi tentang penyerapan anggaran ini, ” ungkapnya.

“Untuk menjaga komitmen ini kami menggagas Merauke Charter, ini karena telah ditandatangani kami mempunyai tanggung jawab untuk memberikan arahan tentang bagaimana caranya meraih IKPA yang maksimal sehingga mencapai 100 persen, ” pungkasnya. (Dispenad )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.