Puskesmas Bubakan, Pacitan Raih Penghargaan WBK dari Kemenpan RB

 

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Puskesmas Bubakan,  Kecamatan Tulakan,  Kabupaten Pacitan meraih penghargaan Zona Integritas (ZI) 2020 dengan kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penyerahan Penghargaan diberikan secara virtual dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) (21/12/2020)

WBK sendiri adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang telah memenuhi dan mengimplementasi 6 area perubahan reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Anugerah untuk Puskesmas Bubakan bukan tanpa alasan. Fasilitas kesehatan yang mengampu 5 desa itu memiliki segudang prestasi dan inovasi. Tahun 2017 Puskesmas Bubakan mendapat predikat sebagai puskesmas terakreditasi utama dan tahun 2018 menjadi puskesmas percontohan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menuju Zona Integritas (ZI) Wilayah bebas Korupsi (WBK) Puskesmas Bubakan telah melakukan perubahan pada enam area perubahan yang disyaratkan. Demikian pula dengan sejumlah inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya, Intel HIV, Hamil Pintar, Simpel STBM, FORJI Forum Jiwaku Baru, Ubermas Lingga, Pasar Jiwa serta inovasi yang lahir ditengah pandemi yakni Posyandu Sarung Bapak. Sebuah inovasi untuk mencegah penyebaran covid 19 pelaksanaan timbang balita setiap orang tua wajib membawa sarung sendiri untuk alat menimbang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.