Antisipasi Bencana Alam, Kodim Pangkalan Bun Gelar Apel Personel dan Materiil

 


PEWARTA_NUSANTARA || Kotawaringin Barat - Sebagai langakah untuk mengantisipasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam baik itu banjir, longsor, dan Karhutla di Wilayah Kotawaringin Barat, Kodim 1014 /Pangkalan Bun menggelar apel Personel dan Sarpras di Lapangan Sampuraga Lama Jln. Syutan Syahrir, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Senin (18/1/2021).

Dalam sambutannya Kasdim 1014/Pbn Mayor Inf Edy Sucipto mengatakan, pada saat ini kita ketahui kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia cukup ekstrem, sehingga sangat rawan dan berpotensi besar terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gempa bumi yang dapat mengakibatkan timbulnya kerugian, baik personel maupun materiil.

“Oleh sebab itu kita menggelar apel  personel dan Sarpras yang melibatkan beberapa unsur terkait dalam menanggulangi terjadinya bencana alam khusunya di wilayah Kotawaringin Barat," kata Kasdim.

Lanjut Kasdim, seluruh institusi serta elemen masyarakat dituntut untuk siap siaga dan saling bekerjasama dalam menghadapi dan menanggulangi apabila terjadi bencana alam, sebab pelaksanaan penanggulangan bencana alam bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita bersama.

"Kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan langkah-langkah preventif serta menyiapkan satuan dan personelnya terhadap segala kemungkinan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi," tegas Kasdim.

Usai pelaksanaan apel tersebut, Kasdim 1014 /Pbn dan Kapolres Kobar beserta Forkopimda melakukan peninjauan terhadap pasukan gabungan serta peralatan dan kendaraan yang dipersiapkan dari berbagai instansi sehingga siap dan layak di gunakan untuk menghadapi dan menanggulangi bencana alam.

Sebagai informasi, pada apel gelar personel dan Sarpras tersebut melibatkan beberapa instansi terkait seperti, Pemerintah Daerah Kab. Kobar, Kodim 1014/Pbn, Kompi Senapan B Yonif Raider 631 /Atg, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Brimob Kobar, Polres Kobar, BPBD, Satpol PP, Damkar, Tagana, serta Masyarakat Peduli Api dan Ormas. (Pendam XII/Tpr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer