Bupati Pacitan Indartato Canangkan Desa Glinggangan Sebagai Perintisan Kampung Lele

 

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Berawal hanya dua kolam mandiri, Desa Glinggangan Kecamatan Pringkuku kini menjadi desa rintisan Kampung Lele. Desa dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya petani itu kini memiliki sumber pendapatan lain yaitu  budidaya ikan lele. Pencanangan Desa Glinggangan sebagai Perintisan Kampung Lele dilakukan langsung Bupati Pacitan Indartato, Kamis (14/01/2021). 

Perintisan Kampung Lele dengan berbagai pertimbangan salah satunya budidaya ikan lele di Desa Glinggangan sudah berkembang dengan pesat. Memanfaatkan lahan dan pekarangan yang kurang produktif masyarakat setempat mengubahnya menjadi kolam kolam budidaya di bawah binaan Dinas Perikanan Pacitan.

"Saya bangga dengan semangat dan tekat masyarakat Desa Glinggangan dan semoga budidaya ikan lele ini lebih berkembang", ujar bupati.

Orang nomor satu di Pacitan itu juga mengapresiasi Dinas Perikanan dalam memberikan pendampingan serta pembinaan kepada masyarakat dan terbukti berhasil. Dia berharap keberhasilan kampung lele nantinya akan menular ke desa desa lain di Kabupaten Pacitan.

Saat ini jumlah kolam budidaya ikan lele di Desa Glinggangan telah berkembang menjadi 94 kolam. 4 kolam diantaranya sudah siap panen dengan kapasitas masing masing kolam sebanyak 1000 ikan lele.

"Keberhasilan tersebut  tidak lepas dari bantuan dan pembinaan dari Dinas Perikanan sehingga dapat berkembang dengan baik", timpal Wahono, Kades Glinggangan.

Selain kolam budidaya Desa Glinggangan juga memiliki sarana rekreasi berupa kolam pemancingan. Menandai pencanangan Desa Glinggangan sebagai Desa Perintisan Kampung Lele, Bupati Indartato melakukan pelepasan 200 bibit ikan lele ke kolam. Bupati juga menyerahkan bantuan beras kepada 5 keluarga miskin serta penyerahan program bantuan relokasi rumah dari BPBD kepada 3 kepala keluarga. (Rizky/Luky/Arif/HumasPacitan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer