Cegah DBD, Ini Pesan Kapenrem 081/DSJ

PEWARTA_NUSANTARA || Musim penghujan saat ini, mengakibatkan banyak  daerah di Indonesia yang dilanda oleh banjir.  Selain diakibatkan  tingginya intensitas hujan yang turun, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Selain hal itu, Kapenrem 081/DSJ, Kapten Arm Nurwahyu Sujatmiko, A.Md. juga mengingatkan ancaman lain di tengah musim penghujan saat ini.

"Ancaman lain yang perlu kita waspadai di musim penghujan adalah timbulnya penyakit demam berdarah yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti," kata Kapenrem dalam rilis tertulisnya, Minggu (24/1/2021).

Untuk itu, dirinya menghimbau agar masyarakat dapat melaksanakan 3 M yaitu menguras, menutup dan mengubur. "Menguras yaitu dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, seperti bak mandi, penampungan air dispenser dan kulkas, serta ember air. Sedangkan menutup yaitu dilakukan dengan cara menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi dan toren air," jelasnya.

"Kalau mengubur, kita dapat mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air, yang nantinya memiliki potensi untuk jadi tempat pengembangbiakan nyamuk penular demam berdarah," tambahnya.

Dikatakannya juga, upaya pencegahan lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan fogging dan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan secara rutin.

"Semoga dengan berbagai upaya tersebut, nantinya dapat melindungi keluarga dan lingkungan kita agar terhindar dari penyakit demam berdarah," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer