Pemkab Pacitan Intensifkan Penanganan Covid 19 dari Hulu Hingga Hilir

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Selain vaksinasi Pemkab Pacitan juga menyiapkan langkah-langkah strategis penanganan covid 19. Upaya tersebut dilaksanakan mulai hulu hingga hilir sebagai upaya memutus tuntas pandemi.

"Pemerintah berupaya membuat aturan-aturan untuk dipatuhi agar masyarakat tidak terpapar covid 19", kata bupati saat memimpin Rakor Sosialisasi Penanganan Covid 19 melalui video converence (Vidcon), Selasa (12/01/2021).

Langkah-langkah tersebut antara lain peningkatan peran serta masyarakat dengan mengubah perilaku. Masyarakat diarahkan sadar, patuh dan menaati aturan pemerintah dan protokol kesehatan. Upaya lain mengintensifkan surveilance dengan langkah 3T (Tracing, Testing dan Treatment), penguatan tim sukses vaksinasi, penguatan satgas disemua tingkatan serta peningkatan kerja sama seluruh stakeholder.

Upaya memutus penyebaran akan terlaksana dengan baik jika semua pihak sadar dan dapat menjalankanya. Untuk saat ini penularan covid 19 masih terjadi. Bahkan cenderung meningkat. Sekretaris Daerah yang juga Koordinator Umum Satgas pengendalian covid-19 Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho melaporkan, ada kenaikan kasus cukup signifikan di akhir Tahun 2020. Sempat menyentuh angka 138 kasus pada bulan Oktober, kasus positif naik tajam menjadi 400 kasus di bulan Desember. Dan memasuki awal Tahun 2021 pertengahan Bulan Januari jumlah kasus positif covid 19 sudah mencapai 196.

Rakor Sosialisasi Penanganan Covid 19 diikuti oleh bupati, Forkopimda, Pengadilan Negeri, Forkopimca, kepala Puskesmas dan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Pacitan. (Humaspacitan)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.