PT Dirgantara Indonesia; Pesawat N219 Diminati Mancanegara

PEWARTA_NUSANTARA || Bandung - Produsen pesawat milik negara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah memperoleh sertifikat tipe pesawat N219 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada Senin, 28 Desember 2020. 

Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa pesawat perintis yang dikembangkan PTDI bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) tersebut telah memenuhi ketentuan sehingga dapat diproduksi secara massal. 

Untuk tahap produksi pertama, PTDI berencana memproduksi empat unit untuk Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Penyerahan ditargetkan dilakukan pada Juli atau Agustus 2022. 

“Pada 2021, fasilitas yang ada akan mulai berproduksi untuk pemerintah Aceh,” kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI, Gita Amperiawan, seperti dirilis tempo.co.id (30/12/2020)

Gita menambahkan, pemerintah Aceh juga sepakat pesawat tersebut akan dilibatkan dalam proyek pengembangan lebih lanjut, yang tidak hanya untuk pengoperasian di provinsi tetapi juga untuk performa yang lebih baik. 

Selain itu, PTDI juga tengah mengupayakan persetujuan European Union Aviation Safety Agency (EASA) agar bisa masuk ke pasar global, kata Gita. 

Untuk itu, perusahaan sedang menjajaki pembicaraan dengan Airbus Defense and Space (ADS) dan Direktorat Kelaikan Udara dan Operasi Pesawat Kementerian. Gita mengaku PTDI mendapat cukup banyak letter of interest (LOI) dari luar negeri untuk produk pesawat N219 miliknya. 

Beberapa negara seperti Turki, katanya, sudah terlibat dalam pembicaraan tentang kemungkinan pembagian produksi dan pembangunan. AHMAD FIKRI (KONTRIBUTOR)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer