SMKN 1 Donorojo Laksanakan Seminar Nasional dan Workshop, Sekolah Jurnalistik Menggali Potensi Lokal

 

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Seminar Nasional dan Workshop, Sekolah Jurnalistik Menggali Potensi Lokal, hari pertama dilaksanakan  pukul 08.30 WIB bertempat di SMKN 1 Donorojo, Kec.Donorojo, Kabupaten Pacitan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Donorojo Bambang Hadi Sucipto, M.Pd. Kamis (28/1/2021).

Bambang Hadi Sucipto dalam sambutan pembukannya mengucapkan selamat datang kepada pemateri Prof.Dr.Andrik Purwasito, D.E.A;  Erwin Kartinawati, M.I.Kom; Agoes Hendriyanto, M.Pd, Tim PascaSarjana S3 Situasih, dan Widodo Aribowo,  mahasiswa PPL, peserta dan LPPM STKIP PGRI Pacitan.  Atas nama sekolah mengucapkan terima kasih atas kesediannya untuk datang di SMKN 1 Donorojo dengan satu tugas mulia yaitu memberikan bekal baik bagi siswa maupun guru dalam bidang jurnalistik.  Hal ini sangat diperlukan untuk menggali potensi lokal khususnya di SMKN 1 Donorojo untuk dperkenalkan melalui media online maupun media sosial maupun media elektronik.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum Of Understanding (MOU) antara SMKN 1 Donorojo, Kab. Pacitan dengan PT. Prabangkaranews Media Group.  MOU selama 2 tahun sejak ditandanangi perjanjian dengan kesepakatan bersama meliputi; 1) workshop dan seminar jurnalistik, 2) pemateri dari luar sekolah untuk ekstra jurnalistk, 3) menampung karya jurnalistik siswa maupun guru untuk dirlis di media milik PT.Prabangkaranews Media Group, 4) pembimbingan artikel ilmiah.

Acara dilanjutkan dengan pemateri pertama yaitu dari LPPM STKIP PGRI Pacitan, Sugiyono, M.Pd dengan materi seputar jurnalisme secara umum. Tim dari UNS Surakarta  terdiri dari Prof. Andrik Purwasito, Erwin Kartinawati, Situasih, dan Widodo Ariwibowo perjalanan di wilayah tinggal 15 menit akhirnya belok ke arah Giri Belah disebabkan adanya longsoran yang menutup jalan Pacitan-Batu.  Akhirnya sampai di SMKN 1 Donorojo terlambat sekitar 30 menit dari waktu normal.

Kemudian pemateri kedua Agoes Hendriyanto sebagai dosen dan juga direktur PT.PMG menjelaskan sembilan elemen jurnalisme Bill Kovach.  Selain itu juga berita harus disajikan secara objektif yang harus mencakup dua dimensi yaitu Faktualitas dan Imparsialitas.

Pemateri selanjutnya dari Guru Besar UNS yang menguasai ilmu seni lukis, seni musik, seni fotografi dan seorang dalang.  Pacitan punya potensi salah satunya dengan budaya dan wisata yang perlu digali dalam rangka untuk kesejahteraan Pacitan.  Prof Andrik bercerita panjang lebar untuk memotivasi siswa yang hadir secara luring dan disiarkan secara langsung tiap kelas di SMKN 1 Donorojo sehingga tidak menggerombol di satu titik lokasi sehingga  selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam pelaksanaannya.

Prof Andrik bercerita sebagai seorang anak Desa di Trenggalek, SMP mulai sekolah di luar kota akhirnya meneruskan S1 di UGM, S2 dan S3 di Perancis, bahwa modal utama kita adalah menguasai semua Bahasa.  Prof Andrik yang menguasai lima Bahasa telah keliling Eropa dan Asia dengan membawa misi Kebudayaan terutama dengan menggunakan Wayang sebagai media komunikasi.

Prof. Andrik sebagai seorang anak desa tak menyurutkan semangatnya untuk belajar dan menimba pengalaman di luar kota.  Tak ada bedanya antara kota dan desa terbukti,  Pacitan melahirkan tokoh nasional  Susilo Bambang Yudoyono menjadi Presiden ke-6 Republik Indonesia.  Apalaagi sejarah dari SMKN 1 Donorojo yang didirikan oleh (Alm) KH.Umar Syahid (Mbah Umar Tumbu) yang telah meninggal 3 tahun lalu mempunyai nilai religiusitas yang perlu dkembangkan dan dilestarikan bagi kemajuan dari SMKN 1 Donorojo dan sekitarnya.

“Yang penting tetap produktif dan kompak. Mari pelatihan ini kita lanjut, “ tegas Prof Andrik Purwasito dalam pelaksanaan hari pertama yang berjalaan dengan sukses.

Walaupun panitia Yomi, “Zoom Hari ini memang trouble. 28 kegiatan diwaktu yang sama juga bermasalah. Terima kasih Untuk pemateri Hari in. “

Prof.Dr.Andrik Purawasito, D.E.A workshop ini akan terus kita lanjutkan. untuk mencapai hasil yang lebih produktif. baik bagi masyarakat maupun bagi siswa SMK.

Acara diteruskan dengan dosen dan praktisi Juranlistik yang merupakan Dosen di salah satu Universitas di Surakarta dan Dosen tamu di UNS membahas materi yang cukup menarik.  Adanya interaksi dengan peserta yang luring menambah  kegairahan dari workshop kali ini.  Teoritis dengan  gaya komunikasi Erwin Kartinawati, M.I.Kom sampa tak terasa sudah 90 menit waktu sudah menunjukan 14.00.  Kemudian   dilanjutkan dengan foto-foto dengan panitia.

Tim dari S3 Kajian Budaya UNS, Prabangkaranews Media Group mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Workshop dan Seminar yang telah berjalan dengan sukses.  Semoga segala jerih payah SMKN 1 Donorojo, panitia khususnya Tim IT, mahasiswa STKIP PGRI Pacitan yang sedang melaksanakan PPL, tercatat sebagai amal ibadah.  Amiin YRA.

Semoga hari kedua dengan pemateri Pepih Nugraha hari ini kamis (29/1/2021) berjalan dengan baik yang akan membahas citizen jurnalisme.  Sukses selalu untuk kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer