Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana, Kodim 1014/Pbn Gelar Simulasi Penanganan Banjir

 

PEWARTA_NUSANTARA || Kotawaringin Barat  -  Tingkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana, Kodim 1014/Pangkalan Bun menggelar simulasi penanganan bencana banjir di danau, yang berlokasi di Jalan Pasir Panjang, Desa Sei Tendang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (23/01/2021).

Simulasi diikuti oleh personel Kodim 1014/Pbn, Polres Kobar, Brimob, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kompi Senapan B Yonif Raider 631/Atg, Polairud, Basarnas dan BPBD Kobar. Latihan ini dilaksanakan mengantisipasi terjadinya bencana banjir. Sejumlah peralatan turut digunakan seperti kendaraan truk, ambulance, motor trail, dan LCR atau perahu karet, pelampung, serta alat selam.

Digelar berbagai macam simulasi penanganan bencana banjir pada latihan tersebut seperti, kegiatan pengantaran logistik ke daerah yang terdampak banjir/terisolir, pertolongan bagi korban banjir yang terjebak dan proses pencarian terhadap korban baik yang selamat maupun yang tidak selamat. 


Dandim Pangkalan Bun, Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E melalui Pasi Ops Kodim, Letda Inf Suwaryo menyampaikan, kesiapsiagaan bencana harus on time, kita senantiasa peka terhadap lingkungan sekitar. "Kesiapsiagaan ini harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat," ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat sangat rawan terhadap bencana banjir, hampir setiap tahun pemukiman warga daerah pinggiran sungai Arut terendam banjir dengan kedalaman yang bervariasi

"Untuk itu agar terwujudnya kondusifitas diperlukan kesiapsiagaan bencana dari seluruh instansi, organisasi dan komponen masyarakat," kata Letda Inf Suwaryo mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer