Desa Sumberharjo, Merintis Desa Wisata Alam Situs “WATULAKAR”

 

Oleh: Rizky Ruanda (*)

Desa wisata alam adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa Sumberharjo merupakan sebuah desa yang berada di ujung Utara dari Kota Pacitan, Jawa Timur. Keberadaannya yang berada di ujung pegunungan membuat Desa Sumberharjo menyimpan suatu view indah yang patut untuk diperjualbelikan. 

Itulah yang menjadi alasan tercetusnya sebuah ide dari Kepala Pemerintahan Desa Sumberharjo untuk bisa memanfaatkan kondisi yang ada guna menambah perekonomian rakyat setempat. Nama Watulakar diambil dari nama salah satu dusun yang ada tepat dimana pembangunan proyek dilaksanakan. Proyek yang digagas sejak tahun 2019 ini diawali dengan pembukaan jalan ases dan pada tahun 2020 sampai pada proses pembangunan jembatan penghubung 1.

Desa Sumberharjo merupakan salah satu dari 20 desa di wilayah Kecamatan Pacitan yang terletak 2 KM ke utara dari Kota Pacitan. Luas wilayahnya 182.693 hektar. 

Adapun batas-batasnya: • Sebelah Utara : Desa Sambong • Sebelah Selatan : Desa Bangunsari • Sebelah Timur : Kelurahan Pucangsewu • Sebelah Barat : Desa Sedeng Desa yang terletak di ujung Kota Pacitan ini tengah melakukan pemugaran. Seperti pada pembahasan sebelumnya, tujuan utamanya adalah membangun Desa Wisata Alam Watulakar yang diyakini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat secara signifikan. Proyek pembangunan ini terealisasi oleh ide dari Hariadi selaku Kepada Desa Sumberharjo.

Menurut sesepuh masyarakat setempat, diyakini di dekat lokasi pemugaran terdapat goa yang menyimpan keindahan tersendiri. Sehingga adanya Desa Wisata Watulakar yang sedang dalam tahap pembangunan ini diharapkan mampu berkembang pesat nantinya sehingga dapat menjadi pendorong bagi objek pariwisata lain di Desa Sumberharjo.

Pemberdayaan masyarakat adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencipkatan suatu kondisi masyarakat yang sejahtera, maju, dan mandiri. Salah satu sektor yang dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat adalah melalui sektor wisata seperti Desa Wisata Alam Watulakar. 

Program pengambangan pariwisata akan disinergikan dengan program pemberdayaan masyarakat. Jenis wisata konvensional sudah mulai ditinggalkan. Masyarakat mulai merindukan suatu wisata yang sisinya tidak hanya bersenangsenang saja tetapi juga ada unsur pengalaman dan pengetahuannya.

 Oleh karena itu, Pemerintah Desa Sumberharjo merealisasikan pembangunan Desa Wisata Alam Watulakar. Desa wisata ini berbeda dengan jenis wisata pada umunya. Nantinya, wisatawan yang berkunjung tidak hanya sekedar bersenang senang saja, namun juga bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat yang tinggal di desa wisata tersebut. Desa wisata ini disinyalir akan menawarkan keindahan alam, budaya lokal, dan interaksi antara wisatawan dengan masyarakat setempat. Dalam kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat, pengembangan pariwisata khususnya desa wisata ini bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat.

Proses pengembangan sepenuhnya melibatkan masyarakat setempat, mulai dari pembentukan, pelaksanaan, hingga pemeliharaan. Melalui interaksi dan partisipasi aktif dengan para wisatawan tentunya akan menambah pengalaman, pengetahuan, dan perekonomian. Diharapkan dengan adanya desa wisata alam ini, masyarakat Desa Sumberharjo akan lebih maju, mandiri, sejahtera, dan makmur.

(*) Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.