Proses Pemilihan Ketua STKIP PGRI Pacitan 2021-2025

 

PEWARTA_NUSANTARA || PACITAN - Proses pemilihan Ketua STKIP PGRI Pacitan memasuki agenda terakhir yaitu pemungutan suara oleh Senat STKIP PGRI Pacitan yang memiliki 22 pemilik suara yang terdiri dari unsur pimpinan, kaprodi, kabiro, serta unsur dosen lainnya yang dilaksanakan di AULA STKIP PGRI Pacitan Jalan Cut Nya' Dien, Keluarahan  Ploso, Kec/Kab Pacitan, Propinsi Jawa Timur, Kamis (25/2/2021).

Pemungutan suara hari ini untuk memilih; 1)  Dr. Sri Pamungkas, S.S., M.Hum, 2) Dr. Mukodi, M.S.I, 3)Saptanto Hari Wibawa, S.S.,M.Hum yang dilakukan oleh 22 pemilik suara dari Senat STKIP PGRI Pacitan.

Dalut Daeka, M.Pd setelah proses  selesai kepada jurnalis yang mewakili PPLP. PT STKIP PGRI Pacitan yang juga sebagai Ketua senat memberikan apresiasi terhadap proses demokrasi yang berlangsung di STKIP PGRI Pacitan telah melalui mekanisme yang berlaku baik Peraturan Pendidikan Tinggi maupun AD ART PPLP. PT PGRI Pacitan.  Adapun prosesnya setelah pembentukan Panitia Seleksi oleh PPLP selanjutnya tugas diberikan kepada Panitia Seleksi Ketua STKIP PGRI Pacitan.

Adapun prosesnya telah berjalan dengan demokratis diawali dengan; 1) pendaftaran sampai tanggal 17 Februari 2021, 2) seleksi administrasi (18 Februari 2021), 3) pengumuman hasil seleksi Administrasi (19 Februari 2021); 4) uji Publik (Sivitas Akademika STKIP PGRI Pacitan (20 Februari 2021),  5) tanggapan Hasil Uji Publik dari Bakal Calon kepada Panitia (22 Februari 2021), 6) penetapan Calon Ketua STKIP PGRI Pacitan oleh Panitia Penjaringan (23 Februari 2021), 7) penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua di hadapan Senat STKIP PGRI Pacitan (24 Februari 2021), 8) pemilihan calon ketua oleh Senat STKIP PGRI Pacitan (25 Februari 2021), " jelas Dalut Daeka yang juga pembina Pramuka dan Ketua BPD.

"Untuk proses pemilihan hari ini dengan hasil perolehan suara ketiga calon sebagai berikut;  Dr. Sri Pamungkas, S.S. M.Hum mendapatkan 1 (satu) suara , Dr. Mukodi, M.S.I mendapatkan 18 (delapan belas) suara, Saptanto Hari Wibawa, S.S.,M.Hum mendapatkan 2 (dua suara).  Satu suara yang rusak, sehingga jumlah keselurahan hak suara berjumlah 22 suara dengan rincian 21 suara sah dan 1 surat suara tidak sah, " jelas Dalut Daeka.

Dalut Daeka yang mewakili PPLP mengharapkan DR.Mukodi, M.S.I yang memperoleh suara terbanyak diharapkan dapat mendapatkan restu dari PPLP untuk ditetapkan sebagai Ketua terpilih STKIP PGRI Pacitan.  Harapannya sesuai dengan visi dan misi ketika melakukan penyampaian dihadapan senat dapat diwujudkan dalam meningkatkan kualitas STKIP PGRI Pacitan kalau bisa menjadi Universitas.  Namun hal ini juga sangat tergantung dari saling koordinasi rutin antara  STKIP PGRI Pacitan  dengan PPLP dengan disesuaikan dengan kemampuan, SDM, kemampuan pendanaan dan Sarana dan Prasarana.

"Penempatan alat kelengkapan STKIP PGRI Pacitan nanti akan dikoordinasikan dengan semua komponen agar penempatan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing  unsur kelengkapan, " tandas Dalut Daeka.

H.Sujarno, M.Pd sebagai pengawas, suksesi PT sudah berjalan dengan baik sesuai dengan aturan dari Pemerintah dan internal yaitu PPLP.  Mekanisme telah dilaksanakan oleh Panitia Pansel dengan sebaik-baiknya.  Mudah-mudahan ketua terpilih nanti yang dalam hal ini baru proses penyampaian hasil oleh Pansel ke PPLP bisa berjalan dengan baik.  Hasil dari suara terbanyak dalam pemilihann hari ini bisa ditetapkan sebagai Ketua Terpilih STKIP PGRI Pacitan 2021-2025.

"Mahasiswa juga dalam hal ini mengharapkan ke depan pelayanan kepada mahasiswa ditingkatkan terutama peningkatan fasilitas belajar mengajar di STKIP PGRI Pacitan, " ujar kelompok mahasiswa yang enggan ditulis namanya.

Memang proses demokrasi telah dimulai dengan turunnya  Surat keputusan Panitia Penjaringan Calon Ketua STKIP PGRI Pacitan 2021 - 2025,  nomor 019 / PPK / STKIP / KL / II / 2021,  menetapkan  3 orang pendaftar  sebagai Calon Ketua STKIP PGRI Pacitan 2021-2025, Selasa  (23/2/2021), dikutip dari laman Prabangkaranews.com (1)

Kemudian dilanjutkan dengan uji publik digunakan jika ada yang menemukan bukti-bukti kuat untuk menyanggah berkas  pendaftar calon Ketua STKIP PGRI Pacitan.  Khususnya yang berkaitan dengan  pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu; melaksanakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Unsur tersebut yang menjadi dasar bagi Panitia Seleksi untuk meloloskan maupun mencoret pendaftar calon ketua STKIP PGRI Pacitan.

Seperti  dikutip dari laman Prabangkaranews.com. (2), uji publik dilaksanakan pansel    pada hari ini Sabtu (20/2/2021).  Civitas akademika berhak untuk  memberikan uji  publik dengan disertai dengan bukti-bukti otentik.   Selanjutnya  hari Senin (22/2/2021) panitia akan mengklarifikasi kepada bakal calon yang bersangkutan kebenaran dari tanggapan dari uji publik tersebut. "

Harapan salah satu civitas akademika yang  dikutip dari laman prabangkaranews.com (2), mendorong agar proses harus berjalan secara fair play sesuai dengan mekanisme yang sudah menjadi kesepakatan Panitia Seleksi.  Hal ini bagus untuk membangun proses demokrasi dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat.  Semoga Pansel bisa menjadi wasit yang baik sehingga bisa melahirkan Ketua STKIP PGRI Pacitan yang baik. “

Proses pengawalan dari civitas akademika juga terus berlanjut terutama agar proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan menjunjung tinggi asas fair play  dalam permainan.  Seperti dikutip dari Prabangkaranews.com (3) jika menemukan kejanggalan harus segera ditindaklanjuti.  Agar proses tidak cacat hukum.  Jika cacat dalam proses maka akan terjadi suatu hal yang tidak baik.  Mungkin itulah sebuah kenyataan bahwa sekarang ini banyak sekali perang kepentingan.  Segala cara dihalalkan dengan menggunakan hal-hal yang terkadang secara akademis seharusnya dihindarkan.  Panitia harus netral, independen dan tidak memihak.  Inilah sebuah kunci yang harus dipegang oleh siapapun yang diberikan amanah untuk menjadi wasit dalam sebuah pesta demokrasi baik tingkat RT, RW sampai tingkat Pusat (3).

Proses selanjutnya yang telah dijalankan dengan baik oleh panitia seleksi yang di ketuai oleeh Arif Mustofa dalam penetapan; 1)  Dr. Sri Pamungkas, S.S., M.Hum, 2) Dr. Mukodi, M.S.I, 3) Saptanto Hari Wibawa, S.S.,M.Hum. Seperti dikutip dari parabangkaranews.com (3) 

Selanjutnya ketiga calon ketua STKIP PGRI Pacitan berhak mengikuti proses selanjutnya dengan menyampaikan  Visi dan Misi dalam rangka untuk memajukan STKIP PGRI Pacitan.   Bagi bakal calon yang belum lolos mari kita songsong masa depan dengan penuh harapan dengan semobyan "Maju Bersama Sejahtera Bersama".

Sebelumnya panitia juga telah mengumumkan proses pemilihan ketua seperti dikutip dari Prabangkaranews.com, (4)  agenda pemilihan Ketua STKIP PGRI Pacitan dengan agenda sebagai berikut:

  1. Pendaftaran sampai tanggal 17 Februari 2021
  2. Seleksi administrasi (18 Februari 2021)
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi (19 Februari 2021)
  4. Uji Publik (Sivitas Akademika STKIP PGRI Pacitan (20 Februari 2021)
  5. Tanggapan Hasil Uji Publik dari Bakal Calon kepada Panitia (22 Februari 2021)
  6. Penetapan Calon Ketua STKIP PGRI Pacitan oleh Panitia Penjaringan (23 Februari 2021)
  7. Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua di hadapan Senat STKIP PGRI Pacitan (24 Februari 2021)
  8.  Pemilihan calon ketua oleh Senat STKIP PGRI Pacitan (25 Februari 2021). (4)

Semoga  proses penetapan Ketua STKIP PGRI Pacitan sesuai dengan hasil pemungutan suara hari ini Kamis (25/2/2021) DR. Mukodi, M.S.I  yang memperoleh 18 suara sah, ditetapkan sebagai Ketua STKIP PGRI pacitan 2021-2025.  Terima kasih panitia dan semua pihak yang terlibat dalam proses demokrasi di STKIP PGRI Pacitan. Marilah semua bersatu padu saling bergandeng tangan demi STKIP PGRI Pacitan yang lebih baik, maju dan bermanfaat.   Dengan semangat pembaharuan untuk kesejehteraan bersama. Amiin YRA

Sumber referensi:

(1) https://prabangkaranews.com/2021/02/23/besuk-penyampaian-visi-dan-misi-bakal-ketua-stkip-pgri-pacitan-2021-2025/

(2) https://prabangkaranews.com/2021/02/20/proses-penjaringan-ketua-stkip-pgri-berlanjut/

(3) https://prabangkaranews.com/2021/02/22/proses-demokrasi-di-negeri-dongeng/

(4) https://prabangkaranews.com/2021/02/16/proses-penjaringan-ketua-stkip-pgri-pacitan-2021/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer