Fosil Dinosaurus Tertua Ditemukan di Selatan Kota Neuquen, Argentina

PEWARTA_NUSANTARA || Jakarta - Ilmuwan menemukan fosil titanosaurus tertua yang merupakan kelompok dari dinosaurus terbesar di sejarah peradaban Bumi. Fosil dinosaurus itu ditemukan di selatan kota Neuquen, Argentina.

Tim ilmuwan mengatakan bahwa fosil tersebut mewakili spesies dinosaurus bernama Ninjatitan zapatai yang hidup 140 juta tahun lalu selama Zaman Kapur. Mereka mengidentifikasi Ninjatitan sebagai Titanosaurus, sekelompok dinosaurus herbivora berleher panjang yang memiliki empat kaki.

Sisa-sisa kerangka dinosaurus yang tidak lengkap ditemukan di selatan Kota Neuquen. Para peneliti mengatakan Ninjatitan menunjukkan titanosaurus sebagai kelompok yang pertama kali muncul dari yang sudah diketahui sebelumnya.

 "Itu adalah rekor tertua yang diketahui, tidak hanya dari Argentina tetapi juga di seluruh dunia," ujar Pablo Gallina, peneliti di Dewan Nasional untuk Riset Ilmiah dan Teknis Argentina (CONICET) seperti dikutip Reuters.

engan panjang sekitar 20 meter, Ninjatitan merupakan dinosaurus besar tetapi jauh lebih kecil dari titanosaurus berikutnya, seperti Argentinosaurus yang mencapai panjang sekitar 35 meter.

Dia menambahkan bahwa fosil berumur 140 juta tahun 'benar-benar sangat langka'. Para peneliti juga mengatakan kehadiran titanosaurus awal di Patagonia mendukung gagasan bahwa titanosaurus berasal dari belahan bumi selatan.

Penemuan yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Ameghiniana ini menyatakan Titanosaurus bagian dari kelompok dinosaurus yang lebih besar yang disebut sauropoda.

elompok ini mencakup dinosaurus lain dengan desain tubuh serupa seperti Brontosaurus dan Diplodocus yang hidup di Amerika Utara selama Periode Jurassic, yang mendahului Periode Cretaceous. Sejumlah titanosaurus yang menghuni Patagonia adalah Argentinosaurus, Patagotitan, dan Dreadnoughtus.

José Luis Carbadillo, peneliti CONICET lainnya, mengatakan usia sisa-sisa Ninjatitan dapat membuat orang berasumsi bahwa tulang-tulang itu milik kelompok dinosaurus yang sudah berumur titanosaurus.

"Di Patagonia, titanosaurus hanya diketahui kurang dari 120 juta tahun yang lalu," katanya.

Dikutip Independent, titanosaurus masih berkeliaran di Bumi ketika dinosaurus punah pada akhir Zaman Kapur sekitar 65 juta tahun yang lalu.

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer