Keunikan dan Sensasi Rasa Ayam Kampung Mbok Denok, Jatipuro Karanganyar


PEWARTA_NUSANTARA || KARANGANYAR - Olahan masakan dari ayam kampung Mbok Denok yang berlokasi di Jalan Raya Jatipuro-Jatiyoso, Desa Sangen, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sensasi rasanya berbeda dengan olahan ayam lainnya. Prof Andrik Purwasito menikmati sensasi pengolahan ayam kampung yang masih natural dengan kwali tanah liat dengan bara api dari kayu bakar. 

Prof Andrik Purwasito,  Wawan dan  Supariadi yang inisiasi wisata kuliner dan sponsor acara bersama rombongan  saat mengunjungi Warung Makan Mbok Denok, hari Rabu (17/3/2021) langsung menuju dapur yang terbuka untuk pelanggan.  Dapur dengan aroma pedesaan dengan gebyok menjadi pemanis masakan Ayam Kampung Mbok Denok.  

Jika masuk ke warung pertama kali akan bertanya-tanya apa yang unik dengan Rumah Makan Mbok Denok.  Setelah  memasuki ruangan warung yang terlihat luas, mata tertuju pada tungku dengan kayu bakar yang membara dengan kwali sebagai alat masaknya.  Kwali tanah liat tersebut  digunakan mencampur bumbu racikan ayam kampung Mbok Denok. Pemilik memperbolehkan pelanggan untuk melihat proses memasak ayam kampung menjadi Ayam Bakar Mbok Denok siap saji.

Bumbu rempah-rempah dengan  yang telah dihaluskan dimasukkan dalam wadah kwali yang muat satu ayam kampung.  Kemudian ayam kampung yang sudah dibersihkan dan siap untuk diolah di dalam kwali yang akan dimasak dalam tungku dengan bara api dari kayu bakar.  Proses mengolahnya sampai bumbu racikan meresap  ke dalam ayam kemudian,  Ayam Kampung Mbok Denok siap disajikan ke meja masing-masing konsumen. 

Selain itu juga akan disajikan dengan lalapan dan sambal korek yang pedasnya minta ampun dan sambal manis bagi yang tidak suka pedas.  Tekstruk Ayam Kampung Mbok Denok lembut dan empuk bisa disantap dengan keluarga maupun teman terbaik saudara untuk menikmati sensasi rasa dan keunikan cara mengolahnya.  

  

Warung makan Mbok Denok yang telah berdiri sejak tahun 1996 mempertahankan keunikan dalam mengolah ayam kampung menjadi Ayam Panggang Mbok Denok dengan kekhasan empuk dan aroma tungku pembakaran dengan kayu bakar menjadi salah satu cita rasa yang tidak ditemukan di ayam bakar lainnya.  Inilah yang menjadi pembeda dengan ayam bakar lainnya.

Untuk menuju lokasi Mbok Denok jika dari Ngadirojo, Wonogiri bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan sepeda motor atau mobil sedangkan jika dari Kab. Karanganyar bisa ditempuh kurang lebih 20 menit. 

Untuk harga satu ayam bakar utuh dipatok dengan harga 65 ribu sampai 75 ribu.  Sedangkan untuk satu porsi kecil Mbok Denok juga menyediakan dengan harga 15 ribu. Bagi yang hobi kuliner ayam kampung Mbok Denok bisa dijadikan rujukan untuk menikmati keunikan cara memasaknya dan cita rasanya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer