Resume Baduy sebuah Novel Karya Uten Sutendy

 

PEWARTA_NUSANTARA || Bercerita tentang perjuangan sekelompok manusia yang mempertahankan tanah leluhur dan nilai- nilai luhur yang dianutnya dari berbagai gangguan sekelompok pengusaha dan politisi  yang hendak mengekspolitasi sumber daya alam di dalamnya.

Kisah tersebut dikemas dalam sebuah cerita percintaan seorang pria kota, wartawan muda,  anak pengusaha kaya yang bekerjasama dengan kekuatan politik tertentu.

Suten, pria yang jadi tokoh utama dari novel ini, berjuang dengan kekuatan cinta. Cinta kepada lingkungan dan masyarakat Baduy sebagai kekayaan nusantara, juga cinta kepada gadis Baduy.

Ia harus mengalami konflik dengan para tokoh adat dan para pemuda Baduy yang melarang ia berpacaran dengan gadis Baduy. Selain ia juga harus berkonflik dengan orang tuanya sendiri yang ternyata berada dibalik pengrusakan hutan Baduy untuk proyek eksplorasi minyak Blok Rangkas.

Suten harus menerima kesediihan yang luar biasa ketika Mirsa, wanita Baduy yang dicintainya,  jatuh sakit karena kekecewaannya akibat cinta murninya kepada Suten terhalang oleh adat.

Di sisi lain Suten yang hendak menolong sang kekasih yang menderita sakit, tak bisa berbuat apa-apa karena para tokoh adat menentangnya saat ia ingin membawa Mirsa ke rumah sakit, karena berobat ke rumah sakit hal yang dilarang oleh adat.

Mirsa akhirnya meninggal dunia dalam pelukan Suten.

Bersamaan dengan wafatnya Mirsa  gagal pula proyek eksploitasi minyak Blok Rangkas di wilayah Baduy yang diawali dengan  jatuhnya sebuah  pemerintahan dinasti di daerah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer