Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Industri Wisata di Pacitan

 
Oleh: Risaka Fitriana

Pariwisata iku segala sesuatu sing berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha sing terkait di bidang tersebut. Pandemi belum juga mereda.

Indonesia menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata akibat pandemi Corona. Termasuk di Kota seribu satu goa yaiku Kota Pacitan. Sebelum pandemi Corona ada, industri pariwisata di Kota Pacitan mengalami perkembangan sing cukup pesat. K

ota Pacitan mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan keindahan wisatanya. Akeh wisatawan luar kota bahkan luar negeri sing berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kota Pacitan. Akeh tempat wisata sing ditutup saat pandemi Corona sedang gempar-gemparnya masuk di Kota Pacitan. Seperti tempat wisata Pantai Buyutan, Pantai Klayar, Pantai Watukarung, Pantai Srau, Pantai Taman, Pantai Pancer Door, Gua Gong, dan Gua Tabuhan. Sehingga tempat-tempat pariwisata tersebut sepi pengunjung.


Hal ini menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat sekitar wisata. Karena menimbulkan beberapa dampak bagi pariwisata di Kota Pacitan. Dari sepinya pengunjung sampek berdampak pada perekonomian masyarakat sing notabene adalah pedagang di kawasan wisata.

Namun seiring berjalannya waktu ketika seluruh orang mulai bosan berada di rumah dan perekonomian sing semakin menurun drastis, beberapa tempat wisata dibuka kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan meski pandemi belum juga mereda masyarakat sekitar sudah banyak yang mengunjungi tempat wisata kembali. Apalagi saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan ke dua saat pandemi.

Jadi, tempat wisata lumayan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Khususnya anak muda yang sekedar ngabuburit maupun buka puasa bersama. Akan tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer